KABUPATEN BANDUNG

Banjir Mulai Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga

Ragam  SELASA, 12 MARET 2019 , 21:29:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Banjir Mulai Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Siaga

Akhmad Djohara/Net

RMOLJabar. Meskipun banjir akibat luapan Citarum di tiga kecamatan mulai berangsur surut, BPBD Kabupaten Bandung tetap mengimbau warga tetap siaga bencana.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara menyebut, kesiap siagaan ini seiring prakiraan BMKG dimana wilayahnya berpotensi terjadi hujan deras.

"Sesuai BMKG hujan akan berlangsung dan diprediksi memiliki curah hujan yang cukup tinggi selama 10 hari ke depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3).

Tak hanya mengimbau masyarakat, lanjut Akhmad, pihaknya bersama seluruh jajaran di Pemkab Bandung akan selalu waspada menghadapi bencana akibat faktor cuaca.

"Boleh dikatakan, tanggal 6 Maret lalu adalah puncaknya, namun prediksi BMKG hujan berintensitas tinggi masih akan berlangsung jadi perlu dipantau," ungkapnya.

Saat ini, dikatakan Akhmad, pihaknya terus melakulan sinergitas dengan beberapa pihak dalam upaya penanganan keadaan darurat, seperti assessment warga terdampak banjir.

"Mulai dari pendataan kebutuhan, distribusi logistik serta membuka dapur umum di lapangan melalui penanganan yang bersifat efektif, efisien dan terpadu," tandas Akhmad. [yud]

Komentar Pembaca