KABUPATEN BANDUNG BARAT

Petani Milenial Garap Desa Tani Cibodas

Sosial  RABU, 13 MARET 2019 , 20:42:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Petani Milenial Garap Desa Tani Cibodas

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar Andriansyah/RMOLJabar

RMOLJabar. Dompet Dhuafa Cabang Jawa Barat bersinergi dengan pemerintah Bandung Barat membuka lapangan kerja baru bidang pertanian dengan membentuk Desa Tani di Desa Cibodas Kecamatan Lembang.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar Andriansyah menyebutkan, pihaknya menyalurkan bantuan kepada 12 petani binaan dan warga sekitar dengan menyediakan lahan garapan seluas 1,2 hektare.

Tak hanya lahan, bibit serta penyuluh pertanian disiapkan untuk meningkatkan minat kaum muda menjadi enteurpreneur sebagai petani sayuran.

"Pengemasan dan pemasaran, kami menjalin kerjasama dengan kelompok tani Macakal. Sebelum memutuskan pembinaan pertanian, kami siapkan dahulu pasarnya,"ungkap dia saat acara Grand Launching Desa Tani Expo, Petani Milenial di Kampung Cijerokaso, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Rabu (13/3).

Sekian bulan berjalan, lanjut dia, kini lahan garapan diisi komoditas sayuran baby buncis kenya diekspor ke Singapura.

"Harapan kami tentunya kedepan penerima manfaat menjadi petani mandiri dan generasi penerus pertanian terus terjaga,"paparnya.

Ditempat sama, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyambut baik program yang digulirkan Dompet Dhuafa ini. Program ini menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dalam mencetak petani milenial dari mengangkat ekonomi dhuafa menjadi sejahtera.

"Pemerintah akan hadir dan membantu mereka misalnya dengan pemberian traktor, benih. Atau mengintegrasikan pemasaran pertanian dengan Desamart yang akan dimulai Juni nanti di KBB," ujarnya.[son]

Komentar Pembaca