KABUPATEN BANDUNG

Penerapan Digitalisasi Dapat Hidupkan Kembali Koperasi

Ekbis  KAMIS, 14 MARET 2019 , 20:38:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Penerapan Digitalisasi Dapat Hidupkan Kembali Koperasi

Teddy Kusdiana/RMOLJabar

RMOLJabar. Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana mengapresiasi adanya program Pemprov Jawa Barat yang akan menerapkan digitalisasi di koperasi.

Teddy juga menyambut baik kegiatan bimbingan teknis dari Dinas KUKM Jawa Barat ini. Sebab banyak manfaat bila geliat koperasi akan meningkatkan ekonomi.

"Dengan pengelolaan koperasi secara terstruktur, diharap dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi tingkat pengangguran," ujar Teddy, Kamis (14/3).

Tak hanya itu, lanjut Teddy, koperasi di Kabupaten Bandung juga bisa menurunkan tingkat kemiskinan sekaligus memperbaiki pemerataan pendapatan masyarakat.

"Hal ini juga dapat menunjang terealisasinya program  pembangunan Kabupaten Bandung, yakni meningkatkan perekonomian (masyarakat) yang berdaya saing," paparnya.

Teddy menambahkan, usai Bimtek ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Bandung harus melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha dan koperasi di Kabupaten Bandung.

"Jadi tidak hanya berhenti sampai bimtek saja, kedepannya koperasi dengan berbasis digital nanti harus melakukan pemantauan terhadap eksitensi koperasi," ungkap Teddy.

Kepala Diskop-UKM Kabupaten Bandung Cakra Amiyana berharap program Pemprov Jabar mendorong pelaku UKM yang masuk kedalam koperasi bisa lebih berdaya saing.

"Dengan mendigitalisasikan koperasi, nantinya dapat mempermudah pelaku usaha dalam mempromosikan usahanya, seperti melalui media sosial (medsos)," ujarnya.

Cakra ingin kedepannya kegiatan seperti bimtek tersebut bisa diselenggarakan secara rutin agar koperasi-koperasi di tingkat wilayah bisa terpantau instansinya.

"Kami perlu perbesar anggaran, agar koperasi di beberapa daerah baik wilayah urban dan semi urban dapat terpantau. Mana koperasi yang berhasil meningkatkan omset dan mana yang belum," tandas Cakra. [yud]

Komentar Pembaca