JAWA BARAT

1000 HPK Ciptakan Keluarga Terhindar Dari Stunting

Ragam  MINGGU, 17 MARET 2019 , 18:57:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

1000 HPK Ciptakan Keluarga Terhindar Dari Stunting

Sosialisasi KKBPK/Repro BKKBN Jabar

RMOLJabar. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, terus menggencarkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui sosialisasinya di Desa Cibadak Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor, Kamis (14/3).

Turut hadir tenaga ahli Anggota DPR RI komisi IX Feri sebagai narasumber, ia menyampaikan harapan besar untuk masyarakat memahami tentang pentingnya menjalankan program KB.

"Semoga dengan adanya kegiatan sosialiasi ini, saya berharap bisa menambahkan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya menjalankan program KB," tuturnya.

Dilokasi yang sama, Perwakilan BKKBN Jawa Barat Anindita Dyah menjelaskan fungsi keluarga berencana serta pentingnya mengetahui pentingnya 1000 HPK.

"Fungsi keluarga berencana penting untuk kedepan dalam membangun keluarga yang sejahtera, yakni fungsi agama, fungsi pendidikan, fungsi kasih sayang, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan, fungsi sosial budaya, fungsi pelestarian lingkungan, dan fungsi ekonomi," kata Anandita.

"Dalam menjalankan program KB bukan hanya masalah kontrasepsi saja, tapi dengan mengetahui 1000 Hari Pertama Kehidupan, sebuah keluarga bisa menjadi lebih terencana dan si anak terhindar dari adanya stunting," sambungnya.

Sementara itu, Perwakilan OPD Kabupaten Bogor Ma’sad Hadiyanto mengatakan, pentingnya memahami program KB bagi setiap masyarakat.

"Dengan kita paham dan menjalankan program-program KB seperti contoh memahami umur yang baik untuk menikah bagi perempuan ataupun laki-laki, maka kita bisa terhindar dari berbagai resiko dan penyakit yang di sebabkan," kata Ma’sad.

"Lebih baik dengan keluarga yang kecil, tapi bahagia dan sejahtera,” lanjutnya.

Sekretaris Kepala desa Cecep Supriyadi menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan sosialisasi tersebut.

"Semoga kegiatan sosialisasi ini menambah harapan baru bagi masyarakat desa Cibadak yg berjumlah 7000 penduduk kurang lebih demi menjalankan pentingnya program-program KB tersebut. Saya mengucapkan terimakasih kepada komisi IX DPR RI, perwakilan provinsi BKKBN maupun perwakilan KB Kabupaten Bogor yang telah memberikan wawasan yang sangat penting bagi masyarakat desa Cibadak demi tercapainya keluarga yang sejahtera," tutupnya.

Di akhir acara Tenaga Ahli Wakil Komisi IX DPR RI membagikan doorprize kepada perserta yang hadir serta memberikan bantuan langsung speaker aktif kepada Posko KB Desa Cibadak. [yud]



Komentar Pembaca