Wagub Uu : Pengangguran Di Jabar Masih Cukup Tinggi

Pemerintahan  SENIN, 18 MARET 2019 , 16:45:00 WIB | LAPORAN:

Wagub Uu : Pengangguran Di Jabar Masih Cukup Tinggi

Wagub Uu Ruzhanul Ulum saat peluncuran program vokasi industri /RMOLJabar

RMOLJabar. Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengakui angka pengangguran di Jabar cukup tinggi. Satu diantaranya terkait belum ada kesesuaian antara kurikulum di SMK dengan dunia usaha.

"Pengsngguran di Jawa Barat agak banyak di banding daerah lain," ujarnya saat menghadiri peluncuran program pendidikan vokasi industri dalam rangka membangun link and match antara SMK dan industri di Kabupaten Sukabumi, Senin (18/3).

Akibat hal tersebut, kata Uu, banyak lulusan SMK yang tidak terserap industri ataupun dunia usaha. Padahal, pabrik dan industri di wilayah Jawa Barat cukup banyak.

"Walaupun pabrik dan industri banyak, pengangguran juga agak banyak," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Uu, program yang dicanangkan Kementerian Perindustrian bisa menjadi solusi pengangguran di Jabar. Termasuk dalam pemberian keahlian bagi siswa SMK di Jabar.

"Ini solusi penyerapan tenaga kerja di Jabar," ungkapnya.

Selain itu, dirinya meminta perusahaan memberikan kuota lebih bagi masyarakat Jabar. Terutama bagi perusahaan-perushaan yang ada di daerah Jawa Barat.

"Saya sempat datang ke suatu perusahaan, ternyata karyawannya didominasi bukan orang Jabar. Padahal areanya di Jabar. Tapi masih ada juga perusahaan yang mayoritas karyawannya orang Jabar," pungkasnya. (din)



Komentar Pembaca