Hari Kesadaran Nasional Di Purwakarta

Peristiwa  SENIN, 18 MARET 2019 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Hari Kesadaran Nasional Di Purwakarta

Upacara Hari Kesadaran Nasional/RMOLJabar

RMOLJabar. Danramil 1904/Campaka Kapten Arm Gatot Widodo memimpin jalannya Upacara Gabungan Hari Kesadaran Nasional yang digelar di Lapangan Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah II Jawa Barat, Jalan Siliwangi, Purwakarta, Senin (18/3).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Penjabat Sekda Purwakarta, Iyus Permana. Turut hadir pada upacara gabungan tersebut, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius, Kasi Ter Men Armed 2/1 Kostrad Mayor Arm Tri Murwanto, Dansubdenpom III/3-4 Kapten CPM Miftakul Jana, dan tamu undangan lainnya.

Upacara Hari Kesadaran Nasional adalah upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Ada pun upacara kali ini diikuti unsur Muspida Kabupaten Purwakarta sebagai wujud sinergitas dan kekompakan.

Dalam amanatnya, Penjabat Sekda Purwakarta Iyus Permana menegaskan, ASN agar dapat menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu dalam Pemilu Serentak 2019 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.

"Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua lapisan masyarakat Purwakarta yang telah menjaga keamanan dan ketertiban, termasuk selama tahapan pemilu," ujarnya.

Ditambahkannya, potensi kerawanan akan timbul bila hal itu dibarengi dengan berbagai tindakan kontra-produktif seperti kampanye hitam dan provokasi serta pengerahan massa yang anarkis.

"Untuk itu, saya minta kepada PNS untuk tidak bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkembang dan tetap fokus pada tugas yang diembankan kepada kita sekalian," katanya.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan lomba kebersamaan seperti memindahkan tongkat estafet yang dibentuk per kelompok 10 orang di mana tiap-tiap kelompoknya terdiri dari campuran TNI, Polri, Damkar, Dishub, ormas, maupun anak sekolah.

Ada pula lomba memindahkan bola menggunakan tali secara bersama-sama dengan kelompok yang terdiri dari 4 orang. Lomba ini bertujuan untuk kebersamaan dan kekompakan dalam setiap tim dan implementasi di lapangan yang solid dan sinergitas dalam menjalankan tugas. [gan]

Komentar Pembaca