Tiap Wilayah Di Kabupaten Bandung Punya Bunda Literasi

Ragam  SENIN, 18 MARET 2019 , 21:11:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Tiap Wilayah Di Kabupaten Bandung Punya Bunda Literasi

Pengukuhan Bunda Literasi/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebanyak 31 Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan di Kabupaten Bandung resmi di kukuhkan sebagai Bunda Literasi Tingkat Kecamatan, Senin (18/3).

Bunda Literasi Kabupaten Bandung, Kurnia Agustina mengatakan, kehadiran para bunda literasi yang disebar di kewilayahan memiliki sebuah misi besar dalam membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Upaya (pengukuhan Bunda Liteasi) juga dilakukan agar budaya baca masyarakat bisa terbangun melalui kehadiran sosok ibu sebagai teladan," ungkap Kurnia di Gedung Dewi Sartika, Komplek Pemkab Bandung.

Menurut Teh Nia, begitu sapaanya, saat ini khususnya anak-anak, lebih senang bermain gadget dari pada membaca buku, menulis atau mencari pengetahuan lainnya. Begitu pun membudayakan untuk berliterasi.

"Selain menjadi teladan bagi keluarga, sosok ibu (literasi) ini akan menjadi peran sentral membangun karakter (kalangan) anak-anak membudayakan literasi di seluruh wilayah (kecamatan) Kabupaten Bandung," ucapnya.

Nia berharap, terbentuknya kepengurusan struktur bunda literasi tidak hanya sampai di tingkat kecamatan saja, namun kedepan tentu bisa terbentuk (sosok bunda literasi) hingga ke tingkat desa atau kelurahan.

"Mudah-mudahan, akan lahir Bunda Literasi Desa di 270 desa dan 10 kelurahan. Mereka harus mampu merangkul komunitas-komunitas TBM (taman baca masyarakat) yang sudah ada di masyarakat," harapnya.

Teh Nia berpesan agar ke 31 Bunda Literasi ini bisa ikut mempromosikan, mengajak, memfasilitasi, dan memberi teladan atas kecintaan terhadap kegiatan literasi seperti menggaungkan gerakan membaca.

"Selain itu bisa berdampak terhadap meningkatnya minat baca, menekan angka putus sekolah, mendukung agar masyarakat membudayakan literasi, baik untuk literasi keluarga, sekolah dan keluarga," tandasnya.

Selain pengukuhan Bunda Literasi Tingkat Kecamatan, pada kesempatan itu digelar Rapat Konsultasi serta Pelantikan dan Serah Terima jabatan Ketua TP PKK yang diikuti seluruh pengurus se Kabupaten Bandung. [gan]

Komentar Pembaca