JAWA BARAT

Lewat Tiga Gerakan, BKKBN Bangun Keluarga Sejahtera

Pemerintahan  SELASA, 19 MARET 2019 , 01:26:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Lewat Tiga Gerakan, BKKBN Bangun Keluarga Sejahtera

Putih Sari/Ist

RMOLJabar. Pembangunan keluarga sejahtera yang dicanangkan Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat dilakukan dengan 3 gerakan yakni gerakan reproduksi, ekonomi, dan ketahanan.

Hal terebut disampaikan mitra kerja Anggota DPR RI Komisi IX, Putih Sari saat sosialisasi yang dilakukan BKKBN di Desa Citamiang Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/3).

"3 gerakan tersebut yang pertama gerakan reproduksi, yaitu merupakan gerakan keluarga sejahtera termasuk peningkatan kualitas pelayanan keluarga berencana, gerakan keluarga sehat sejahtera dan pembinaan reproduksi serta kehidupan keluarga yang harmonis," ujar Putih.

Kemudian gerakan ekonomi. Menurutnya, keluarga sejahtera yang memihak kepada keluarga yang berpenghasilan lemah dengan melakukan pemberdayaan ekonomi keluarga miskin.

"Dalam gerakan ketahanan ini keluarga sejahtera di arahkan untuk peningkatan kemandirian dan ketahanan keluarga dalam mengembangakan keluarga sejahtera. Keluarga sejahtera merupakan hasil dinamika proses pengembalian sumber daya serta masalah dalam keluarga," kata Putih.

Dalam sosialisasi tersebut, selain Putih Sari, turut hadir perwakilan BKKBN Jawa Barat Elma triyulianti, BKKBN Kabupaten Purwakarta Edi Suardi serta didampingi oleh kepala Dusun Desa Citamiang Kabupaten Purwakarta.

Selain sosialisasi kegiatan dimeriahkan oleh hiburan lokal berupa penampilan Reog Sunda dan usai kegiatan dilakukan pembagian doorprize bagi peserta yang hadir. [gan]

Komentar Pembaca