KABUPATEN BANDUNG

Siap-siap, Per 1 April Kantong Plastik di Pasar Modern Bakal Perlahan Hilang

Pemerintahan  SELASA, 19 MARET 2019 , 15:31:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Siap-siap, Per 1 April Kantong Plastik di Pasar Modern Bakal Perlahan Hilang

Asep Kusumah/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam waktu dekat akan menerbitkan surat edaran tentang kantong plastik agar tak lagi beredar di pasar modern diwilayahnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah saat ditemui sejumlah wartawan di Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Selasa (19/3).

Asep menjelaskan penerbitan surat edaran itu sebagai komitmen antara pemerintah dan pelaku usaha membatasi penggunaan kantong plastik di Kabupaten Bandung.

"Jadi per 1 April itu kami harapkan di semua pasar modern mulai dari minimarket dan supermarket sudah tak ada lagi penggunaan kantong belanja berbahan plastik," ujarnya.

Menurut Asep, dalam kurun waktu dua bulan ini pihaknya terus melakukan berbagai upaya sosialisasi untuk membatasi kantong plastik sebelum resmi diterapkan awal April.

"Sesuai dengan rapat teknis dengan pelaku usaha kami masih memberikan toleransi soal penggunaan kantong plastik sampai 31 Maret (di pasar modern)," terang Asep.

Selama tahap sosialisasi, lanjut Asep, para petugas pasar modern pun ikut menyiapkan pengganti bahan plastik dengan kantong ramah lingkungan sebagai upaya edukasi.

"Kalau hasil evaluasi dan laporan yang masuk pembatasan kantong plastik hasilnya cukup variatif. Bahkan ada yang sudah tegas dibatasi oleh petugas minimarket," katanya.

Asep mengajak masyarakat agar membawa kantong saat berbelanja. Pihaknya juga akan memantau sejauh mana penurunan produksi sampah plastik saat aturan ini berlaku.

"Per 1 April kami ingin sebagai momen menyambut hari jadi Kabupaten Bandung sekaligus mengukuhkan bila kita bisa jadi pahlawan bagi lingkungan," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca