KABUPATEN BANDUNG

Hemat Waktu, Proses Karantina Produk Ekspor Hanya Butuh 3 Jam

Pemerintahan  RABU, 20 MARET 2019 , 12:00:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Hemat Waktu, Proses Karantina Produk Ekspor Hanya Butuh 3 Jam

ilustrasi/net

RMOLJabar. Proses karantina produk holtikultura yang akan di ekspor ke luar negeri melalui Badan Karantina Pertanian Bandung dari sebelumnya 3 hari kini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja.

Begitu disampaikan oleh Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan dari Badan Karantina Pertanian Bandung Sujarwanto saat ditemui sejumlah wartawan di kawasan Banjaran.

Menurut Sujarwanto, percepatan proses karantina tumbuhan ini seiring dengan adanya pemanfaatan teknologi. Bahkan berkat adanya pola ini pengiriman ekspor pertanian terus meningkat cukup signifikan.

"Badan Karantina ini kan salah satu unsur di Kementerian Pertanian mempunyai tugas bagaimana memfasilitasi para eksportir dari dalam negeri agar produk yang di ekspor bisa di terima di negara tujuan," ungkapnya.

Tak hanya mengecek sterilisasi produk ekspor yang akan dikirim, lanjut dia, Badan Karantina juga menerbitkan sertifikat keamanan dan kelayakan konsumsi berupa Sanitary Sertifikasi sesuai keperluan.

"Sertifikat itu memastikan produk tidak membawa hama penyakit dan memberikan jaminan mutu pangan atas barang ekspor, sekaligus memenuhi syarat sesuai dengan yang ditentukan negara tujuan," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca