KABUPATEN BANDUNG

Tangkap Peluang Bisnis, Pemkab Bandung Akan Bentuk BUMD Baru

Pemerintahan  RABU, 20 MARET 2019 , 16:49:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Tangkap Peluang Bisnis, Pemkab Bandung Akan Bentuk BUMD Baru

ilustrasi/net

RMOLJabar. Pemerintah Kabupaten Bandung merencakan akan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru untuk menangkap berbagai peluang bisnis yang saat ini mulai tumbuh diwilayahnya.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Kabupaten Bandung Marlan mengatakan kehadiran BUMD baru yang sesuai pemetaan awal akan fokus menangani sektor bisnis ini cukup penting.

"Kami melihat terbukanya ruas jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) ikut memberi banyak peluang perekonomian di Kabupaten Bandung. Untuk menangkap itu tentu perlu BUMD mandiri," ungkap Marlan, Rabu (20/3).

Selain potensi investasi, lanjut Marlan, BUMD yang baru juga akan mengambil peluang di bidang jasa. Apalagi pemerintah daerah ini memiliki aset aset yang memang belum termanfaatkan secara optimal.

"Karena (zaman) sekarang keliatannya untuk pengembangan (ekonomi sebuah daerah) itu lebih mudah dengan menerapkan pola dan proses Bisnis to Bisnis (b2b), dari pada Bisnis to Government (B2G)," terang Marlan.

Disinggung terkait kapan bisa dibentuk BUMD ini, Marlan berharap bisa secepatnya. Karena bila mengacu aturan pemerintah harus ada rekomendasi Kemendagri RI, kata Marlan, Pemkab sudah menerimanya.

"Kami sudah mendapat surat persetujuan dari Kemendagri nya. Kajian akademisnya pun sudah ada. Nanti di perubahan (APBD) kalau dimungkinkan kita ajukan. Apakah masuk Prolegda 2019 atau 2020," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkab Bandung memiliki tiga BUMD diantaranya PDAM Tirtaraharja (khusus pengelola penyediaan air), PT BPR Kertaraharja (khusus bidang perbankan), kemudian PT Citra Bangun Selaras (CBS).[son]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00