KABUPATEN BANDUNG

Penyuluh KB Harus Jadi Pelopor Ketahanan Keluarga

Politik  RABU, 20 MARET 2019 , 22:10:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Penyuluh KB Harus Jadi Pelopor Ketahanan Keluarga

Dede Yusuf/RMOLJabar

RMOLJabar. Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi mengajak seluruh penyuluh Keluarga Berencana (KB) ikut berperan menekan permasalahan sosial demi mewujudkan ketahanan keluarga.

Menurut Dede, salah satu yang perlu menjadi perhatian penyuluh KB soal kasus stunting. Meski mengalami penurunan dari 38 persen menjadi 30 persen, bila mengacu ratio angka ini masih tinggi. Di mana dari jumlah 3 anak, 1 diantaranya berpotensi alami stunting.

"Jadi penyuluh KB ini tidak hanya berbicara pembatasan keluarga. Tapi hadir juga dalam mengantisipasi jangan sampai ada stunting," ujarnya di sela Pertemuan Bersama Penyuluh KB dalam Kunjungannya ke Dapil Jawa Barat II di Kabupaten Bandung, Rabu (20/3).

Politisi Partai Demkorat itu juga berharap penyuluh KB menjadi jembatan informasi terkait permasalahan sosial lain seperti menekan angka perceraian, pernikahan dini, kemudian tentang seks bebas (free sex) demi menciptakan ketahanan keluarga.

"Kalau bicara gerakan pembangunan kependudukan berbasis keluarga memang harus ada massage yang ditekankan. Output berupa penyelesaian (kasus sosial dan kesehatan) itu jadi yang bisa dilakukan para penyuluh KB," tutur mantan Wagub Jabar itu.

Dalam kesempatan tersebut, Dede juga ingin agar penyuluh KB yang kini bertugas di tiap desa mengingat jumlahnya kian berkurang sekitar 1.400 orang bisa ditarik kembali ke pusat sesuai dengan proses pengangkatan.

"Yang bertugas di desa (Penyuluh KB) sangat bergantung kepada kebijakan kepala daerah karena mereka PNS. Kami sepakat PKB/PLKB di daerah ditarik kembali kepusat jadi tanggung jawab APBN," tandas Dede. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00