KABUPATEN BANDUNG

Harkonas 2019: Momentum Pemberdayaan Konsumen

Pemerintahan  RABU, 20 MARET 2019 , 22:50:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Harkonas 2019: Momentum Pemberdayaan Konsumen

Dadang M Naser dan Enggartiasto Lukita/Ist

RMOLJabar. Bupati Bandung, Dadang M Naser menilai Hari Konsumen Nasional (Harkonas) pada 2019 ini merupakan momentum yang tepat bagi para produsen untuk melindungi hak-hak semua konsumen.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga berharap Harkonas yang jatuh pada 20 April nanti sekaligus untuk meningkatkan keberdayaan konsumen atas kualitas produk dan pelayanan yang selama ini didapatkan.

"Ini saat yang tepat bagi para produsen, untuk melindungi, menghargai sekaligus menghormati hak-hak konsumen," ungkap Bupati di sela Peringatan Harkonas 2019 di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (20/3).

Dadang juga mengimbau kepada para konsumen agar teliti terhadap barang yang dibeli. Terlebih di era digital, perdagangan online saat ini menjadi pilihan lantaran memiliki kemudahan dan kecepatan.

"Konsumen harus sadar bahwa pemerintah melindungi hak-haknya. Untuk itu, jangan segan mengajukan keluhan apabila ada ketidakpuasan terhadap produk yang dibeli atau pelayanan saat membeli," katanya.

Lelaki yang akrab disapa Kang DN itu menyebut jika perdagangan online dimana pun termasuk di Indonesia, seringkali terjadi ketidakesesuaian barang yang dibeli dengan sampel yang ditampilkan oleh si penjual.

"Makanya pelihara kepercayaan konsumen, dengan menjaga kualitas produk dan pelayanan. Harus konsisten antara barang yang ditampilkan sebagai sampel, dengan barang yang dikirim ke pembeli," tandas DN. [gan]

Komentar Pembaca