KABUPATEN BANDUNG

Selasar GBS Soreang Siap Jadi Pusat Aktivitas Budaya Sunda

Pemerintahan  RABU, 20 MARET 2019 , 23:51:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Selasar GBS Soreang Siap Jadi Pusat Aktivitas Budaya Sunda

Pagelaran seni di area GBS/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemkab Bandung terus berupaya melestarikan budaya sunda. Salah satunya dengan menjadikan selasar Gedong Budaya Sabilulungan (GBS) sebagai pusat aktivitas kebudayaan dan kesenian.

Berdasarkan informasi, area GBS yang berada di seputaran Jalan Raya Alfathu, Soreang, perlahan sering dimanfaatkan untuk pagelaran seni dari sanggar, padepokan, dan paguron silat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, Agus Firman mengakui di era sekarang cukup sulit untuk melihat sebuah pertunjukan kesenian. Untuk itu pihaknya melakukan inovasi.

"Kabupaten Bandung sebenarnya kaya akan lingkung seni, sanggar. Oleh karena itu kami jadikan selasar GBS sebagai tempat para seniman beraktivitas serta menjadi hiburan gratis bagi masyarakat," katanya, Rabu (20/3).

Selain menjadikan arena hiburan, lanjut Agus, keberadaan selasar GBS ini sebagai strategi memperkenalkan budaya dan seni sunda kepada kaum milenial sehingga tertarik dengan budaya daerah asalnya.

"Jadi mereka dapat menggunakan waktunya dengan kegiatan positif. Dengan mengusung tema Sauyunan Satujuan semoga seluruh masyarakat ikut menjaga budaya sunda yang ada di Kabupaten Bandung," tuturnya.

Agus berharap, semua stakeholder di Pemkab Bandung dapat bersinergi dalam upaya melestarikan dan mengembangkan budaya sunda sebagai kearifan lokal daerah. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00