Kartu Sakti Jokowi Sebatas Solusi Recehan

Politik  KAMIS, 21 MARET 2019 , 01:51:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Kartu Sakti Jokowi Sebatas Solusi Recehan

Joko Widodo/Net

RMOLJabar. Ekonom sekaligus Politikus Rizal Ramli menilai jika kartu-kartu sakti Jokowi sebatas solusi recehan yang tidak akan tidak menyelesaikan masalah secara komprehensif.

Seperti dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (20/3), Rizal Ramli menganggap Jokowi layaknya sedang jualan permen lolipop, yang manisnya menggiurkan tapi tidak mampu menyelesaikan dalam bidang pendidikan dan lapangan kerja.

"Bagaikan jualan permen lolipop, kartu-kartu itu hanya pemanis yang menggiurkan. Apalagi pembiayaannya tidak jelas,” ujar Rizal.

Bagi-bagi kartu kembali menjadi andalan calon presiden petahana Joko Widodo dalam menghadapi Pilpres 2019. Terdapat tiga jenis kartu yang dijanjikan, jika nanti dirinya kemabali terpilih sebagai Presiden, diantaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Pra Kerja.

Rizal Ramli juga turut mempertanyakan pembiayaan dari kartu-kartu tersebut, mengingat tax ratio Indonesia berada di garis terendah, yakni hanya berkisar 10 hingga 11 persen. Artinya, untuk membiayai kartu-kartu sakti Indonesia dapat dipastikan akan menggunakan dana pinjaman asing.

Masak mau pinjam untuk pesta bagi-bagi kartu. Kami khawatir pesta kartu ini hanya permen lolipop untuk memenangkan Pak Widodo kembali,” pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca