KOTA BANDUNG

PD Pasar Fokus Pembenahan Pasar Baru

Pemerintahan  KAMIS, 21 MARET 2019 , 09:08:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

PD Pasar Fokus Pembenahan Pasar Baru

Pasar Baru Trade Center/Net

RMOLJabar. Setelah pengambilalihan pengelolaan sementara Pasar Baru Trade Center, PD Pasar Bermartabat Kota Bandung fokus melakukan pembenahan. Bersama pengelola sebelumnya, PT Atanaka Persada Permai (APP), PD Pasar membenahi sejumlah fasilitas.

Plt. Sub Bidang Humas PD Pasar Bermartabat, Iqbal Nurhakim mengatakan, pihaknya tengah fokus melakukan pembenahan agar pedagang maupun pengunjung Pasar Baru bisa tetap nyaman. Eskalator dan lift juga diperbaiki.

"Perbaikan ini memang kami akui agak mengganggu kenyamanan saat ini. Tapi ini demi kenyamanan ke depannya," ucapnya, Rabu (20/3).

PD Pasar bertekad agar pembenahan tersebut berlangsung cepat. Pembenahan berlangsung secara simultan dengan aktivitas di pasar yang sudah melegenda di kota kembang itu.

"Lebih cepat lebih baik. Pembenahan tetap berjalan di lapangan, aktivitas pedagang pembeli pun tetap berlangsung," sambungnya.

Menanggapi adanya keluhan para pedagang terkait banyaknya pedagang asongan, Iqbal menyebut hal itu sebenarnya sudah berlangsung lama sejak masih dikelola PT APP. Namun dari sisi jumlah, sudah cukup berkurang pada saat ini.

"Kami terus berkoordinasi dengan aparat terkait dan berupaya melakukan yang terbaik," tambahnya.

Di sisi lain, kata dia, Direksi PD Pasar Bermartabat telah memberikan kewenangan kepada tim transisi pengelolaan Pasar Baru untuk berinovasi agar ada peningkatan pendapatan. Terpenting inovasi itu tidak sampai menunggu aktivitas pedagang maupun pengunjung.

"Tim transisi ini melihat sejauh mana potensi peningkatan pendapatan. Misalkan dari sisi ruang dagang dengan hitungan yang diukur secara riil. Tinggal simulasi di lapangan, melihat potensi yang ada. Kami tidak serta merta duduk di balik meja. Melainkan turun ke lapangan dan melihat sejauh mana yang bisa ditingkatkan," bebernya.

Iqbal pun tidak lupa untuk menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada HP2B (Himpunan Pedagang Pasar Baru) yang telah memberikan ide-ide pembenahan. Ide-ide itu antara lain aktivasi fasilitas umum, penertiban area drop off di pintu utama, maupun yang lainnya.

"Tiga bulan ini kami masih fokus pada pembenahan dan upaya peningkatan pendapatan. Apresiasi dan terima kasih kami sampaikan kepada HP2B atas ide-idenya yang positif," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca