Awal Tahun Kasus Kekerasan Anak Di Bandung Barat Tinggi

Pemerintahan  KAMIS, 21 MARET 2019 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Awal Tahun Kasus Kekerasan Anak Di Bandung Barat Tinggi

Asep Wahyu/RMOLJabar

RMOLJabar. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bandung Barat mencatat kasus kekerasan atau pelecehan terhadap perempuan dan anak selama awal tahun 2019 mencapai lima kasus.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak KBB, Asep Wahyu mengatakan, kasus dari awal 2019 hingga saat ini sudah menerima laporan 5 kasus pelecehan atau kekerasan pada anak dengan sasaran usia mulai 3 tahun sampai 15 tahun.

"Ya baru tiga bulan sudah ada lima kasus itu karena mungkin sudah gencarnya sosialisasi yang kami lakukan sehingga warga masyarakat pun berani untuk melapor," kata Asep di ruangan kerjanya, Kamis (21/3).

Pihaknya pun, lanjut Asep selalu berikan pendampingan kepada korban pelecehan atau kekerasan tersebut, melalui kerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Jari dan juga psikolog.

"Ketika kami mendengar ada kasus kekerasan atau pelecehan, kami langsung turunkan petugas untuk mendampingi beserta psikolog," ujarnya.

Pada 2019 ini, Asep menyebut daerah dari lima kasus ini berada di sekitar Padalarang dan Cipatat. Ketika disinggung terkait alasan maraknya kasus pelecehan dan kekerasan yang terjadi di KBB, kata Asep disebabkan tingkat pendidikan yang rendah dan banyak yang ditinggal oleh istri-istrinya, atau adanya pengalaman pahit yang sebabkan dendam.

"Alhamdulillah setiap masalah atau kasus pelecehan dan kekerasan di KBB selalu tertangani dan saya juga terkejut kasusnya ini sudah banyak di awal-awal tahun," ucapnya.

Menurutnya, angka tingginya tingkat pelaporan menunjukkan masyarakat sadar hukum dan berani melaporkan tindak pidana ini.

"Tingginya angka pelaporan berarti tingkat wawasan pemahaman masyarakat sudah bagus, jika tidak ada laporan tetapi kasus terus terjadi bagaimana menangani," katanya. [gan]


Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00