Jangan Anggap Remeh Fungsi Camat Dalam Pembangunan

Pemerintahan  KAMIS, 21 MARET 2019 , 15:19:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Jangan Anggap Remeh Fungsi Camat Dalam Pembangunan

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Peranan pemerintah kecamatan dalam pembangunan, tidak bisa dipandang sebelah mata, di mana camat juga dinilai memiliki peran dalam pembangunan di Indonesia.

Demikian sampaikan Asisten Deputi Koordinasi Desentralisasi dan Otonomi Daerah Kemenkopolhukam, Syafii dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (20/3).

"Fungsi ini jangan pernah dianggap remeh dan sepele, karena Camat juga sangat berperan dalam pembangunan," kata Syafii dalam Rapat Koordinasi Nasional Camat 2019 yang berlangsung di Hotel Ciputra, Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (20/3)

Berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019 yang mengambil tema Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Dalam kesempatan tersebut dirinya turut menjelaskan jelaskan 5 hal cakupan rencana kerja tersebut.

Pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.

"Camat harus paling tahu angka kemiskinan di daerahnya, jangan main-main dengan angka kemiskinan, karena angka kemiskinan rawan dan khawatir dijadikan komoditas politik, apalagi dalam Pemilu seperti sekarang ini," kata Syafii.

Kedua, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.

"Kita dorong camat dan warganya untuk mengurangi kesenjangan di wilayah maupun dengan menjalin kemitraan dengan wilayah lainnya," ujarnya.

Selanjutnya, peningkatan nilai tambah ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui pertanian, industri, pariwisata, dan jasa produktif lainnya.

"Negara Indonesia merupakan negara ke- 2 tujuan investasi versi Gallup Global Law and Order, hal ini berkat camat yang memiliki peran untuk mengembangkan kekuatan atau potensi daerahnya untuk dijadikan sumber ekonomi dan lapangan pekerjaan," jelas Syafii.

Keempat, pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air, dan terakhir, stabilitas nasional dan kesuksesan Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan tahun politik, hal ini  menjadi fokus pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menyukseskan Pemilu 2019.

"Negara kita termasuk negara teraman Nomor 9 di dunia versi Gallup Global Law and Order dengan nilai index 89. Artinya bahwa karena kita negara aman, banyak incaran dari orang yang ingin mengganggu kita, salah satunya melalui Pemillu Serentak 2019. Tugas camat adalah menggerakan, serta turut mensosialisasikan Pemilu agar tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu meningkat," tukasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00