Kementerian Pertanian Salurkan 1.000 Traktor Ke Petani KBB

Pemerintahan  KAMIS, 21 MARET 2019 , 16:00:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Kementerian Pertanian Salurkan 1.000 Traktor Ke Petani KBB

Andi Amran Sulaiman/RMOLJabar

RMOLJabar. Kementerian Pertanian dan Desa RI memberikan 1.000 traktor dan bantuan bibit pohon kepada kelompok petani Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dihadiri ribuan petani dari berbagai pelosok di KBB, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memberikan langsung bantuan di Komplek Perkantoran Pemkab KBB, Ngamprah, Kamis (21/3).

Turut hadir dalam kesempatan itu, anggota DPR RI, Cucun Syamsurizal, Bupati Bandung Barat Aa Umbara juga wakil bupati Hengki Kurniawan.

Amran menerangkan, bukan hanya alat pertanian, sejak presiden Jokowi menjabat, total bantuan anggaran pertanian untuk Jawa Barat mencapai Rp30 triliun selama empat tahun.

"Sementara untuk KBB itu di angka Rp.1,3 triliun," ungkap pria peraih tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian tahun 2007 itu.

Secara total, kata Arman, Pemerintahan Jokowi melalui Kementerian Pertanian telah memberikan bantuan mesin pertanian sebanyak 26.100 unit tersebar ke seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah dalam 4 tahun terakhir ini kami melihat peningkatan PDB meningkat hingga Rp 460 triliun. Saya juga melihat Pak Bupati sangat sayang pada petani KBB, karena beliau background-nya petani dan peternak," katanya.

Ditempat sama, Bupati KBB, Aa Umbara berharap dengan disalurkannya ribuan traktor dan alat-alat pertanian lainnya dapat menambah sejahtera dan kemajuan para petani di Bandung Barat.

"Ini janji saya ketika awal memimpin di Bandung Barat untuk memberikan traktor pada petani KBB. Semoga dengan alat ini petani-petani dapat semakin maju dan ke depan bisa semakin bertambah bantuannya," katanya.

Sementara itu, seorang petani di KBB, Khairul (45) mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah KBB yang telah memberikan bantuan kepada para petani.

Dia juga berharap Pemda dan Kementerian Pertanian dapat terus memberikan perhatian kepada petani-petani di Bandung Barat dan semakin sejahtera.

"Jika petani maju maka hasil-hasil pertaniannya juga kan akan semakin baik dan nantinya dapat menjadikan Indonesia mengekspor hasil pertanian ke luar negeri," katanya. [aga]

Komentar Pembaca