Militansi Pemilih Jokowi Di Tasikmalaya

Politik  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Militansi Pemilih Jokowi Di Tasikmalaya

Dedi Mulyadi/RMOLJabar

RMOLJabar. Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyebut pemilih Joko Widodo-Maruf Amin di Kota/Kabupaten Tasikmalaya adalah pendukung militan yang sudah teguh pendiriannya selama ini.

Hal ini dibuktikan dengan para pendukung yang mendeklarasikan Jokowi, sebagian besar berasal dari masyarakat menengah ke bawah.

"Pemilih Pak Jokowi di Tasikmalaya sangat militan. Ini yang datang ke acara deklarasi saja dari masyarakat kalangan menengah dan bawah. Tapi banyak juga milenial dan pengusaha-pengusaha besar," ujar Dedi saat acara Deklarasi Kaum Milenial dukung Jokowi-Amin, di Kota Tasikmalaya, Jumat (22/3).

Sebagian besar pendukung Jokowi-Amin di Jawa Barat, lanjut Dedi, adalah para petani, nelayan yang tinggal di desa-desa. Mereka cenderung tak banyak mengetahui politik zaman sekarang di media sosial yang sangat dominan.

Menurut Dedi, tren kondisi pemilihan era saat ini berbeda dengan dulu yang naik turunnya dinamika politik di angka hasil survei begitu cepat. Peran media sosial sangat tinggi dan mampu mempengaruhi para pemilih yang menggunakan media sosial.

"Namun, pada akhirnya saya lihat di Jawa Barat akan menang. Saya sudah keliling hampir tiap hari ke berbagai daerah, pemilih Pak Jokowi ini berada di pedesaan, para petani, nelayan, sopir angkot, tukang ojek, masyarakat yang selama ini tidak terlalu berisik di media sosial," katanya.

Sejak awal, pihaknya membuat angka target kemenangan di Jawa Barat sampai angka 60 persen suara bagi Jokowi-Amin. Sampai sekarang saja, dari sisi riset angka psikologis suara telah sampai di angka 46 sampai 47 persen. Soalnya, para pemilih militan Jokowi-Amin belum sampai terlihat di angka riset beberapa survei sampai saat ini.

Dedi menilai, hasil survei tak menjamin hasil pemilihan suara nantinya. Tapi, saat hari pencoblosan nanti yang sejatinya membuktikan kemenangan Jokowi-Amin di Jawa Barat.

"Berbeda dengan sahabat kita yang setiap pendukungnya itu memberikan komen, postingan. Bahkan, ada yang bisa punya lebih dari satu akun sehingga lebih ramai, tetapi pemilihan itu kan bukan di medsos, pemilihan itu nanti di TPS," ucap Dedi. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00