KOTA BANDUNG

BSPS Kembalikan Budaya Gotong Royong Masyarakat

Politik  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 21:21:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

BSPS Kembalikan Budaya Gotong Royong Masyarakat

Agung Budi Santoso/RMOLJabar

RMOLJabar. Digulirkannya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) diharapkan merangsang dan menciptakan kembali budaya gotong royong mengentaskan banyaknya jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dikatakan Anggota Komisi V DPR RI, Agung Budi Santoso, program ini digagas dirinya sejak 2011 dan mulai bergulir sejak 2012. Tujuannya, masyarakat sekitar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program ini tergugah kembali menerapkan budaya gotong royong.

"Makanya ini dinamakan stimulan, prinsipnya merangsang kembali budaya gotong royong di masyarakat. Misalnya bantuan ini kecil dan tidak cukup merehabilitasi keseluruhan, kami berharap lingkungan sekitar saling membantu secara fisik maupun non fisik," ungkapnya saat pemberian bantuan BSPS di Kantor Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jumat (22/3).

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, setiap tahun DPR RI terus berjuang agar nominal dan kuota program BSPS bertambah. Program ini menurutnya tepat sasaran karena langsung dengan kebutuhan papan masyarakat yang membutuhkan.

"Tahun ini yang didapat KPM naik dari Rp15 Juta menjadi Rp17,5 juta. Jika tahun sebelumnya Rp15 juta itu dipotong biaya tukang Rp2,5 juta, tahun ini kita dorong dirjen untuk menambah biaya tukang, alhamdulillah sekarang Rp15 juta untuk material bangunan saja," katanya.

Agung menerangkan, hingga saat ini total sudah empat ribu rumah diberi stimulan dan terus mengurangi jumlah RTLH di Indonesia. Ia juga berharap program BSPS terus bergulir dan masyarakat sekitar KPM tergugah membantu pemerintah mengentaskan RTLH.

"Program ini harus tetap ada, bahkan anggaran harus ditambah. Disamping itu tumbuh kesadaran masyarakat yang mampu menanamkan budaya gotong royong membantu lingkungan terkecilnya," katanya.

Ditempat sama, Kasubdit pendataan dan verifikasi perumahan swadaya Kementerian PUPR Rubiyo memaparkan, jumlah RTLH di Indonesia tercatat di angka 2,4 juta rumah. Sejak program BSPS berjalan total sudah 206.500 unit RTLH mendapat bantuan ini.

"Tentu jika mengacu pada data tidak bisa kita berjalan sendiri, pengentasan RTLH butuh skenario lain seperti dari pemerintah daerah bersumber dari APBD maupun sumber lain seperti CSR," pungkasnya. [gan]


Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00