Penghitungan Surat Suara Di Kota Cirebon Bakal Dievaluasi

Politik  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 21:40:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Penghitungan Surat Suara Di Kota Cirebon Bakal Dievaluasi

Didi Nursidi/RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon akan mengevaluasi tekhnis penghitungan surat suara di tingkat KPPS. Pasalnya, dari simulasi yang pernah dilakukan, penghitungan perolehan suara masih relatif lama.

Sebelumnya, KPU Kota Cirebon bersama Forkopimda didampingi aparat keamanan, melakukan simulasi penghitungan suara di sebuah TPS, tepatnya TPS 22 Kelurahan Derajat Kecamatan Kesambi.

Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi mengatakan, TPS 22 Derajat-Kesambi itu dijadikan percobaan (simulasi) secara sengaja lantaran di TPS tersebut, tingkat partisipasinya sangat rendah. Padahal jumlah pemilih yang terdata, sangat minim jika dibandingkan dengan TPS-TPS lainnya di Kota Cirebon.

Dari Simulasi itu, terang Didi, didapatkan kesimpulan bahwa secara tekhnis, KPU Kota Cirebon harus mengevaluasi terutama tentang efisiensi waktu saat pelaksanaan.

"Beberapa hal tersebut diantaranya kesigapan petugas KPPS dan Petugas Linmas ketika menerima pemilih pada waktu yang ditentukan," kata Didi saat ditemui di Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon, Jum'at (22/3).

Selain itu, berdasarkan simulasi, ternyata penggunaan waktunya masih relatif lama. Padahal, TPS 22 itu seharusnya lebih cepat dibandingkan TPS-TPS lain.

"Yang kedua, terkait soal durasi waktu. Durasi waktu ini, sungguhpun kemarin dalam simulasi dilaksanakan untuk TPS yang DPT nya relatif kurus atau kurang dari 250 (pemilih), yaitu hanya 237 dengan partisipasi hanya sebesar 52 persen, namun penggunaan waktu membutuhkan hingga jam 11 malaman," terang Didi.

Didi mengamati, lamanya waktu disebabkan petugas KPPS masih kurang sigap ketika peralihan penghitungan perolehan suara pada tiap varian surat suara. Hasil simulasi kemarin, tiap peralihan dari satu surat suara ke surat suara lainnya, menghabiskan waktu antara 25-45 menit. Padahal cukup hanya dengan 10 menit.

"Ini dapat kita hapus atau minimalisir, setidak-tidaknya maksimal 10 menit. Jika itu bisa dilakukan, maka jam 10 malam atau jam 22.00 itu sesungguhnya bisa selesai," pungkasnya.

Saat dikonfirmasi lamanya penghitungan surat suara, Didi menjelaskan, masing-masing varian surat suara bisa dikelompokkan ke dalam 2 jenis. Pertama, untuk surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kota Cirebon, maka membutuhkan antara 1,5 hingga 2 jam. Adapun, surat suara Pilpres, mungkin cukup dengan durasi 1 jam.

"Untuk Presiden, berbeda. Kurang lebih 1 jam," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00