World Meteorological Day: HMI Cabang Bandung Dorong Peningkatan Kinerja BMKG

Sudut Pandang  SABTU, 23 MARET 2019 , 18:53:00 WIB

World Meteorological Day: HMI Cabang Bandung Dorong Peningkatan Kinerja BMKG

Ismail Sholeh/dok

PEMANASAN global adalah proses siklus yang terjadi di alam semesta dari waktu ke waktu. Efek-efek dari atau dampak pemanasan global yang sedang kita saksikan sekarang ini hanyalah awal dari permulaan fase destruktif yang akan meningkat intensitasnya dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan. Fase destruktif dari suatu siklus dapat diperburuk oleh perbuatan buruk manusia terhadap alam.

Masalah yang harus ditangani BMKG dalam masa mendatang, yaitu cuaca ekstrem, perubahan iklim, dan bencana alam. Indonesia termasuk salah satu negara yang rawan bencana alam dan dapat terpengaruh secara signifikan dengan adanya isu perubahan iklim.

Mengenal bahaya Subjektif Dan Objektif

Bahaya ekstern atau bahaya objektif (objective danger) yaitu bahaya yang berasal dari sifat alam. Bahaya ini sulit untuk dan diatasi dan tidak dapat diubah karena berada di luar batas kemampuan kita untuk mengatasi menghadapinya, seperti banjir, longsor, udara dingin, kabut, hujan badai, hujan, topografi medan, dan lain sebagainya. Walaupun keadaan seperti ini tidak dapat diubah, namun dapat dikurangi dampak negatifnya dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Bahaya intern atau bahaya subjektif (subjective danger) yaitu bahaya yang datang dari dalam diri sendiri. Bahaya subjektif ini dapat dikurangi dan bahkan dihindari karena kita sendiri yang mengetahui langkah-langkah ketika menghadapi bencana.

Salah satunya, masyarakat diberikan edukasi kebencanaan, terutama di daerah rawan bencana.

Penting juga dilakukan latihan dan simulasi penyelamatan diri dan penanganan secara berkala. Dengan latihan berulang itu, masyarakat diharapkan dapat bertindak tertib dan cepat dalam keadaan darurat.

Dan yang tidak kalah penting adalah peringatan dini yang diinformasikan dari BMKG.
Belakangan kita kecolongan terkait peringatan dini, bencana Palu yang menewaskan lebih dari 2000 orang dan  bencana tsunami Banten lebih dari 400 orang meninggal.

Pemerintah daerah dan masyarakat pun harus faham dengan peringatan waspada, siaga, dan awas serta langkah-langkah dalam menghadapi bencana di wilayah otoritasnya.

Sudah sejauh apakah layanan informasi BMKG? Apakah sudah sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat?

23 Maret diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia atau World Meteorological Day. Moment ini harus BMKG jadi sebagai peningkatan pelayanan, sistem peringatan dini dan tindakan pengurangan risiko bencana sangat penting untuk meningkatkan ketahanan dan keselamatan masyarakat. Sehingga, informasi iklim dapat membantu para pengambil keputusan terkait langkah-langkah mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Sebagai catatan Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer.

HMI Cabang Bandung mendorong BMKG untuk tingkatkan kapasitas sumber daya manusia BMKG menjadi SDM yang kompeten, berkinerja, berintegritas dengan terus menjadi insan pembelajar.

Dan di era revolusi industri 4.0, kita perlu memunculkan inovasi dan pengembangan teknologi dari isuâ€"isu meteorologi dan atmosfer. Membagun system Big Data Analytic-Internet of Things dan Artificial Inteligent, dalam rangka meningkatkan performa layanan informasi MKG yang valid dan reliable.[***]

Penulis: Ismail Sholeh, Kabid SDA LH HMI Cabang Bandung




Komentar Pembaca
Laskar Musisi Chappy Hakim

Laskar Musisi Chappy Hakim

SELASA, 23 JULI 2019

Misteri Yingying

Misteri Yingying

SELASA, 23 JULI 2019

Sri Mulyani Ternyata Ekonom Kolonial
Kakek Horor

Kakek Horor

SENIN, 22 JULI 2019

Islamophobia Antara Cadar Dan Rok Mini
Ketika Amerika Serikat Tidak Berwibawa Lagi
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00