Pemilih Cimahi Bingung Lihat Surat Suara

Politik  SABTU, 23 MARET 2019 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Pemilih Cimahi Bingung Lihat Surat Suara

Simulasi Pemungutan Suara Pemilu/RMOLJabar

RMOLJabar. Dalam simulasi tata cara pemungutan suara Pemilihan Umum tahun 2019 yang digelar KPU Kota Cimahi, Sabtu (23/3), masih ada pemilih yang kebingungan dengan ukuran besar dan banyaknya surat suara.

Dalam simulasi ini, sebanyak 265 Daftar Pemilih Tetap (DPT) melakukan pencoblosan di TPS 21 halaman Kantor Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, melakukan pencoblosan dibantu Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ada lima jenis surat suara yang mereka harus coblos, yakni surat suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Cimahi.

Selesai mencoblos surat suara yang telah dilipat kembali, dimasukan dalam kotak suara senada dengan warna surat. Warna abu menandakan Pilpres, kuning DPR RI, merah DPD RI, biru DPRD Provinsi dan hijau DPRD Kota.

Iceu (56) salah seorang pemilih mengaku, surat suara Pemilu serentak tahun ini sangat membingungkan. Sebab, selain ada lima jenis, surat suaranya berukuran besar dan belum tahu harus mencoblos di area mana.

"Masih bingung, surat suaranya banyak dan besar," kata dia usai melakukan pencoblosan.

Menurutnya, sejauh ini dirinya belum pernah mendapat informasi maupun penjelasan dari berbagai pihak soal tata cara pencoblosan.

"Iya inginnya mah ada sosialisasi lagi biar gak bingung," ujarnya.

Ditempat sama, Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman mengatakan, pihaknya bakal melakukan sosialisasi lagi untuk memastikan pemilih tidak bingung dalam pemungutan suara nanti.

"Kita akan sosialisasi lagi. Masih ada waktu," ucapnya.

Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok menambahkan, warga yang hadir dalam simulasi kali ini adalah mereka yang terdaftar sebagai pemilih tetap. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengukur sejauh mana antusias warga dalam memilih.

"Kita ingin melihat antusias masyarakat datang ke TPS, sehingga partisipasi bisa terlihat dan bisa meningkat," katanya.

Selain itu, lanjut Rifki, pihaknya ingin melihat teknis keseluruhan pencoblosan hingga pemungutan suara. Seperti durasi pencoblosan, kesiapan panitia dan sebagainya.

"Jangan sampai nanti salah kotak suara, tertukar nanti," katanya. [yud]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00