KABUPATEN BANDUNG BARAT

Minat Kampanye Terbuka Masih Minim

Politik  SABTU, 23 MARET 2019 , 21:52:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Minat Kampanye Terbuka Masih Minim

Kampanye Terbuka/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemilihan Umum tahun 2019 mulai masuk tahapan kampanye terbuka mulai besok 24 Maret sampai 13 April 2019 mendatang. Namun, hingga H-1 belum ada Partai Politik maupun Calon Legislatif yang berencana melakukan tahapan ini.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bandung Barat, Ai Wildani Sri Aidah mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima tembusan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari parpol dan caleg yang akan melakukan kampanye terbuka.

Padahal, sesuai aturan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu, peserta Pemilu harus melapor kepada pihak kepolisian, yang ditembuskan kepada Bawaslu dan KPU setempat.

"Sampai sekarang sih belum ada STTP itu," katanya saat dihubungi via sambungan telepon, Sabtu (23/3).

Ai menerangkan, parpol peserta Pemilu 2019 di KBB ada 16, dengan jumlah caleg mencapai 643 orang.

Untuk kampanye terbuka, zonasi dibagi dalam dua koalisi, yakni koalisi parpol pendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan koalisi pendukung nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Namun, hingga H-1 jelang rapat umum atau kampanye terbuka, belum ada satupun Parpol yang berniat melakukan kampanye terbuka.

"Surat tanda terima pemberitahuan wajib sifatnya setiap parpol itu. Satu hari sebelumnya harus sudah ada laporan ke KPU dan Bawaslu," tegas Ai.

Dijelaskannya, laporan tembusan pelaksanaan kampanye itu menjadi salah satu dasar bagi pihaknya untuk melaksanakan persiapan pengawasan, baik dari segi anggaran dan sebagainya.

Sebetulnya, lanjut Ai, sikap acuh para peserta Pemilu, termasuk caleg dalam melaporkan STTP juga terjadi dalam kampanye terbatas atau tatap muka. Dimana sedikit sekali yang memberikan tembusan kepada Bawaslu.

"Sama (tidak ada STTP), hanya ada beberapa," tandasnya. [yud]



Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00