KABUPATEN MAJALENGKA

Angin Puting Beliung Sapu 3 Desa

Peristiwa  MINGGU, 24 MARET 2019 , 07:39:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Angin Puting Beliung Sapu 3 Desa

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono Tinjau Lokasi Bencana/dok

RMOLJabar. Angin puting beliung sedikitnya, menyapu 3 desa di Kabupaten Majalengka, Sabtu (23/3/2019) sore. Sapuan angin kencang mengakibatkan belasan rumah penduduk rusak dan melukai 2 orang warga.

Tak hanya rumah warga yang mengalami rusak, angin puting beliung pun juga merusak fasilitas umum lainnya. Seperti, sekolah, pasar, pabrik hingga menumbangkan ratusan pohon dan sebuah tower celuler.

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melalui Kapolsek Jatitujuh, AKP Asep Supriyadi menjelaskan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

Menurut Kapolsek, angin kencang datang bersamaan dengan hujan deras. Saking kencangnya angin, selain menumbangkan ratusan pohon yang mengakibatkan menutup akses jalan dan menimpa rumah warga.

Angin puting beliung yang terjadi di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh tersebut, juga merobohkan tower celuler hingga menimpa rumah warga.

Akibatnya, pemilik rumah pasangan suami istri bernama Daski (60) dan Tarkinah mengalami luka-luka serta harus dilarikan ke RSUD Cideres untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Kronologi kejadian ini, terjadi hujan deras disertai angin kencang. Angin puting beliung ini berawal dari Desa Jatitujuh dan berputar ke arah Desa Jatiraga dan Jatitengah," ungkap kapolsek melalui pesan singkatnya, Sabtu (23/3) sore.

Kapolsek menambahkan, belum diketahui pasti kerugian materi yang dialami warga akibat bencana tersebut. Namun, beruntung insident tersebut tidak menelan korban jiwa.

"Saat ini, kami bersama BPBD Majalengka masih melakukan pendataan terhadap warga yang menjadi korban angin kencang tersebut," ungkapnya.

Berdasarkan data sementara dari Polsek Jatitujuh, untuk di Desa Jatiraga, ada delapan rumah warga yang rusak akibat insident itu.

Sedangkan untuk di Desa Jatitujuh, angin merusak pasar, pabrik tahu dan sekolah MTSN Jatitujuh.

Bangunan yang rusak tersebut akibat tertimpa pohon dan kerugian material belum bisa diperkirakan.

Begitu juga di Desa Jatitengah, sepanjang jalan utama akses desa Jatitengah sampai ke Jatiraga, ratusan pohon tumbang dan menutup badan jalan. Namun, saat ini akses jalan tersebut sudah bisa dilalui.

Pasca kejadian ini, Muspika Jatitujuh telah mengadakan konsolidasi bersama BPBD Majalengka, untuk melakukan evaluasi terhadap penanganan bencana alam angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kecamatan Jatitujuh, Majalengka.[son]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00