Emil: Jabar "Ngabret" Kalau Optimalkan Instrumen Perbankan Syariah

Ekbis  MINGGU, 24 MARET 2019 , 10:13:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Emil: Jabar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil/dok

RMOLJabar. Sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi sistem keuangan berbasis syariah di Provinsi Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI melaksanakan kegiatan touring sepeda motor dari Kota Bandung ke Kabupaten Garut.

"Jawa Barat ini punya potensi luar biasa. Jawa Barat ini kalau dikasih instrumen perbankan syariah Insya Allah akan ngabret," kata Emil, Sabtu (23/3).

Emil mengibaratkan Jawa Barat saat ini sebagai sebuah kendaraan yang menggunakan sparepart dan bensin pas-pasan. Sehingga membutuhkan sparepart baru dan tambahan bensin agar bisa berlari kencang alias "ngabret".

"Sekarang sedang kita konsepkan sparepart dan bensinnya menggunakan sebuah cara-cara baru, sehingga mesinnya bisa maju lebih cepat. Inilah yang kita sebut Jabar Juara Lahir Batin," jelas Emil.

Istilah "batin" ini, kata Emil, mengindikasikan potensi ekonomi syariah di Jawa Barat luar biasa. Dia mencontohkan beberapa program yang telah bergulir yakni bank waqaf mikro, kredit Mesra di masjid, serta masih banyak kegiatan bisnis lainnya yang berskala masif dan besar.

Emil pun berharap melalui upaya sosialisasi ini, literasi keuangan syariah bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

"Kita terjemahkan omongan saya ini dalam tindakan-tindakan sambil menikmati satu karunia Allah, yaitu keindahan alam Jawa Barat. Sambil menikmati, mensyukuri, mentafakuri, sambil kita memberikan kebermanfaatan," jelasnya.

Sementara itu, disela kegiatan touring, rombongan rehat sejenak di Masjid Al Kholil, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Pada kesempatan ini, secara simbolis Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyerahkan bantuan sosial OJK kepada pengurus Masjid Al Kholil.

Emil Sendiri berangkat dari Gedung Pakuan di Jl. Otto Iskandardinata Kota Bandung, Sabtu pagi, Ketua Dewan Komisioner OJK RI Wimboh Santoso dan Ketua OJK Regional 2 Jabar Triana Gunawan terlihat ikut serta dalam rombongan. Selain itu, terlihat pula pendiri Paytren sekaligus pendakwah Ustadz Yusuf Mansur dan puluhan anggota komunitas motor juga turut berpartisipasi dalam touring tersebut.[son]



Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00