KABUPATEN BANDUNG

Perlu Pembinaan Komprehensif Untuk Cetak Atlet Silat Dunia

Olahraga  SENIN, 25 MARET 2019 , 19:32:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Perlu Pembinaan Komprehensif Untuk Cetak Atlet Silat Dunia

Dadang Naser/dok

RMOLJabar. Bupati Bandung Dadang M Naser menyebut perlu ada upaya pembinaan yang komprehensif demi mencetak dan melahirkan sosok atlet silat skala dunia.

Oleh karena itu, Dadang berharap berbagai ajang kejuaraaan silat yang digelar didaerah termasuk di Kabupaten Bandung dapat terus dimasifkan untuk menggali potensi itu.

"Sabilulungan (yang menjadi semboyan Kabupaten Bandung) merupakan karakter yang juga ada dalam diri para pendekar," ujar Dadang dalam keterangan tertulisnya.

Ajaran filosofis Sabilulungan, lanjut lelaki yang akrab di sapa Kang DN itu menjadi karakter padepokan dan paguron pencak silat yang ada di Kabupaten Bandung.

"Didalamnya mengajarkan silih asah, silih asih, silih asuh, sabar, inovatif, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas serta leber wawanen (besar keberanian)," ungkapnya.

DN memandang pola pembinaan melalui ekstra kurikuler muatan lokal untuk para pelajar, terus dikuatkan. Hal itu guna melahirkan kader-kader pendekar silat baru.

Pencak silat merupakan budaya asli bangsa Indonesia. Pembinaan salah satu upaya dalam melestarikan dan menanamkan rasa cinta terhadap budaya bangsa," tuturnya.

Menurut DN, sejauh ini atlet asal Kabupaten Bandung terus mendapat prestasi di tingkat Jabar hingga menyumbangkan prestasi di ajang Asian Games seperti tahun 2018 lalu.

"Semoga dengan adanya gelaran kompetisi akan menelurkan bibit-bibit atlet, serta meningkatkan kekuatan pencak silat untuk melanglangbuana ke pentas dunia," katanya.[son]

Komentar Pembaca