229 Pengawas TPS Majalengka Dilantik

Politik  SENIN, 25 MARET 2019 , 22:00:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

229 Pengawas TPS Majalengka Dilantik

Pelantikan PTPS/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebanyak 229 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Kecamatan Majalengka dilantik. Prosesi pelantikan digelar di Aula Koperasi Hikmah, Jalan Siti Armilah No.27, Kelurahan Majalengka Kulon, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka, Senin (25/3).

Ketua Panwascam Majalengka, Joko Iskandar mengatakan, jumlah PTPS yang dilantik ini sudah memenuhi jumlah TPS yang berjumlah 229 dari 14 desa/kelurahan se-Kecamatan Majalengka.

"Hari ini ada 229 orang Pengawas TPS yang dilantik dan ini sudah sesuai jumlah TPS yang ada di Kecamatan Majalengka," kata Joko Iskandar.

Joko berharap, kepada para PTPS yang baru saja dilantik tersebut, agar selalu jujur dan amanah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dalam pelaksanaan Pemilu Serentak, Pilpres dan Pileg 2019.

"Kami mengucapkan selamat kepada anggota PTPS yang telah dilantik," ucapnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, Agus Asri Sabana menambahkan, tugas anggota PTPS ini, nantinya akan menjadi pengawas di setiap TPS.

"Tupoksi anggota PTPS ini adalah, untuk mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara dan pelaksanaan penghitungan suara serta pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, anggota PTPS tersebut, juga berwenang menyampaikan keberatan jika ditemukannya dugaan pelanggaran dan kesalahan atau penyimpangan administrasi pemungutan maupun penghitungan suara.

"Tak hanya itu, anggota PTPS juga harus menerima salinan berita acara tersebut," jelasnya.

Kapolsek Majalengka Kota, AKP Kustadi, melalui Wakapolsek, Ipda Nana Supriyatna menegaskan, selama ini pihaknya telah melaksanakan apel kesiapsiagaan menjelang Pemilu 2019 ini.

Oleh karena itu, Nana berharap agar setiap pengawas TPS yang baru dilantik tersebut, harus menjaga integritas, profesional dan netralitas.

"Kami juga meminta setiap anggota PTPS harus selalu berkomunikasi, baik dengan KPPS di lapangan maupun dengan pihak lainnya, agar terjalin pelaksanaan Pemilu yang tertib dan lancar," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca