Kampung KB Penting Dibangun

Pemerintahan  SENIN, 25 MARET 2019 , 22:46:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Kampung KB Penting Dibangun

Sosialisasi KKBPK/Ist

RMOLJabar. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat terus menggencarkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui sosialisasinya di Desa Jabon Mekar Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jumat (16/3).

Turut hadir mitra kerja Anggota DPR RI Komisi IX, Ikhsan Firdaus sebagai narasumber. Ketika sosialisasi, Ikhsan menyampaikan pentingnya program KB menuju keluarga yang sejahtera.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, semoga bisa memberikan pemahaman yang sangat besar tentang pentingnya mengikuti program KB, bukan hanya bagi ibu-ibu saja tapi bapak-bapak harus mengikuti program KB juga demi mencapai tujuan keluarga yang bahagia dan sejahtera," tuturnya dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Senin (25/3).

Di lokasi yang sama, perwakilan BKKBN Jawa Barat, Angela Sri Muliani Winiarti menjelaskan fungsi keluarga berencana serta bagaimana meningkatkan kualitas dan kuantitas penduduk.

"Fungsi keluarga berencana penting untuk kedepan dalam membangun keluarga yang sejahtera, yakni fungsi agama, fungsi pendidikan, fungsi kasih sayang, fungsi reproduksi, fungsi perlindungan, fungsi sosial budaya, fungsi pelestarian lingkungan, dan fungsi ekonomi," kata Wiwin.

"Pentingnya menjalankan program KB contohnya kita ambil dari fungsi penduduk, dapat meningkatkan kualitas penduduk dan menjaga kuantitas penduduk," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kasie Advokasi dan Pergerakan DP3AP2KB, Maman Supardi menjelaskan pentingnya membentuk Kampung KB.

"Dengan berdirinya kampung KB tidak akan menggantikan kampung Jambon. Tapi dengan adanya kampung KB besar manfaatnya bagi masyarakat desa Jambon Mekar sangat luar biasa karena semua kegiatan lintas sektor yang ada di Kabupaten Bogor dapat dijalankan di dalam kampung KB," kata Maman.

Ketua BPD Desa Jabon Mekar, M.Safei menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan sosialisasi tersebut.

"Semoga dengan adanya program ini memberi kesadaran lebih bagi masyarakat desa kami yaitu desa Jabon Mekar, tentunya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada mitra kerja BKKBN dan mitra kerja komisi IX DPR RI, menjadi salah satu untuk memicu warga masyarakat dalam mengembangkan keluarga yang sejahtera ini, sehingga desa ini dapat berperan aktif dalam melakukan kegiatan program keluarga berencana akan menjadi suatu harapan," tutupnya.

Di akhir acara, Tenaga Ahli Komisi IX DPR RI Ferry Efendi membagikan doorprize kepada perserta yang hadir serta memberikan bantuan langsung speaker aktif kepada Posko KB Desa Jabon Mekar. [gan]

Komentar Pembaca