KABUPATEN BANDUNG

Program Satapok Bisa Cegah Potensi Bencana Longsor

Pemerintahan  SELASA, 26 MARET 2019 , 09:43:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Program Satapok Bisa Cegah Potensi Bencana Longsor

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan/RMOLJabar

RMOLJabar. Program Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan (Satapok) dari Pemkab Bandung setidaknya bisa ikut mencegah terjadinya potensi bencana tanah longsor.

Begitu disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Bandung Gun Gun Gunawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, pada Selasa (26/3).

Jika dilihat letak geografis, lanjut Gun Gun, Kabupaten Bandung merupakan salah satu wilayah di tanah air yang rawan terjadinya bencana alam baik itu longsor atau banjir.

"Makanya kami (dari pemerintah setempat) tetap berupaya meminimalisir hal tersebut salah satunya dengan program satapok dan adanya gerakan bulan menanam," katanya.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung sepanjang tahun 2018 lalu, 6.000 pohon berbagai jenis telah ditanam untuk merehabilitasi lahan kritis.

Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah menuturkan langkah penanaman pohon itu merupakan cara pemerintah untuk menyukseskan program penghijauan.

"Yang patut kami apresiasi juga jadi selama tahun 2018 itu sebanyak 6.000 jenis pohon yang telah ditanam di beberapa titik dengan melibatkan sekitar 3.000 orang," ujar Asep.

Selain lahan di kritis DLH juga melakukan program bertagline Satapok itu di hulu aliran Sungai Citarum sekaligus sebagai upaya menyukseskan program Citarum Harum. [yud]

Komentar Pembaca