Bangun Jabar, Kang Emil Tantang KNPI Ambil 10 Program Pemerintah

Pemerintahan  RABU, 27 MARET 2019 , 09:19:00 WIB | LAPORAN: RIZAL FADILLAH

Bangun Jabar, Kang Emil Tantang KNPI Ambil 10 Program Pemerintah

Ridwan Kamil-DPD KNPI Jabar/Humas Jabar

RMOLJabar. Untuk mengakselerasi pembangunan di Jawa Barat dan mewujudkan Jabar Juara Lahir dan Batin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengajak semua komponen masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam pembangunan, termasuk mengajak unsur pemuda.

Hal ini menjadi bagian dari penerapan Dynamic Bureaucracy 3.0 atau Birokrasi Dinamis yang sedang dijalankan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat.

Begitu disampaikan Emil, sapaan akrabnya, saat bersilaturahim dengan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung.

"Saya menitipkan dari 700-an program itu KNPI bisa ngga ngambil 10 saja. Saya membuka diri, supaya tidak omdo (omong doang) kita follow up dengan musyawarah teknis. Saya butuh orang-orang yang bener-bener mau kerja, bener-bener niat na teh ngabela rakyat Jawa Barat, membawa perubahan melebihi kepentingan pribadinya," kata Emil. Rabu (27/3).

Bagi Emil, pemuda adalah salah satu elemen terpenting dalam pembangunan di Jawa Barat. Menurutnya, hanya perlu sinkronisasi antara program yang dimiliki gubernur dengan kepemudaan yang ada.

"Di sinilah saya link and match-lah, kami punya visi, punya program tapi kurang SDM. Mungkin KNPI bisa menyuplai SDM tapi program mungkin belum sinkron, mungkin perlu dikawinkan. Kita buktikan teori kolaborasi-dynamic government 3.0 tadi, kalau benar ini menjadi contoh. Jawa Barat ini hanya akan maju kalau masyarakatnya mau berkolaborasi," paparnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Rio F Wilantara mengaku, bahwa pihaknya mempunyai konsep pembangunan pemuda. Untuk itu, KNPI akan menyinkronisasi program-program yang ada agar pemuda bisa menjadi motor penggerak pembangunan.

"Kita (KNPI) mempunyai konsep pembangunan pemuda. Pak Gubernur juga punya konsep pembangunan Jawa Barat. Kami sedang mensinkronisasi dimana pemuda sebagai motor penggerak pembangunan di Jawa Barat. Nah, jelas bahwa pemuda menjadi energi yang pada akhirnya membuat Jabar Juara," tandasnya dalam keterangan yang diterima Kantor Berita RMOLJabar. [yud]



Komentar Pembaca