Tuan Rumah Porda 2022, KBB Dapat Suntikan Rp250 Miliar

Olahraga  SENIN, 01 APRIL 2019 , 23:44:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Tuan Rumah Porda 2022, KBB Dapat Suntikan Rp250 Miliar

Jajaran Dispora KBB/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal mendapatkan dukungan anggaran total Rp250 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membangun stadion bertaraf internasional.

Stadion ini juga disiapkan untuk kepentingan Porda Jabar XIV tahun 2022 dan KBB akan menjadi tuan rumah bersama dengan Kabupaten Subang dan Kota Tasikmalaya.

"Data usulan pengajuan kami sudah masuk di database provinsi, dan KBB akan mendapatkan bantuan total Rp250 miliar untuk pembangunan stadion. Nantinya anggaran tersebut akan dicairkan dalam tiga tahap, untuk tahap pertama di tahun 2020 akan turun sebesar Rp60 miliar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB, Ade Sudiana didampingi Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dadang Robbani di Ngamprah, Senin (1/4).

Dia menyebutkan, kebutuhan anggaran Rp250 miliar itu sudah berdasarkan estimasi tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pola pendanaan dilakukan dengan sistem multi years, di mana di 2021 anggaran tahap dua turun senilai Rp150 miliar, dan tahap ketiga pada 2022 sebesar Rp40 miliar.

"Stadion tersebut akan dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 30 hektare dan FS-nya akan dilakukan di akhir tahun," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengupayakan mengajukan bantuan ke pemerintah pusat senilai Rp200 miliar. Jika anggaran itu terealisasi, nantinya bisa dipergunakan untuk membangun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Alasan lainnya, meski jadi tuan rumah bersama, KBB akan menjadi tuan rumah yang paling banyak menggelar perlombaan yakni sebanyak 27 cabang olahraga (cabor) dari total 60 cabor.

"Sesuai dengan keinginan pak bupati bahwa KBB harus menjadi tempat grand opening ceremony dan juga closing ceremony. Maka dari itu keberadaan stadion yang refresentatif menjadi syarat mutlak," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca