KABUPATEN CIREBON

Kepala SDN Sidamulya Buka-bukaan Ikut Pemilihan Kepsek Berprestasi

Peristiwa  MINGGU, 14 APRIL 2019 , 08:10:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Kepala SDN Sidamulya Buka-bukaan Ikut Pemilihan Kepsek Berprestasi

Kunjungan Kepsek SDN Sidamulya/RMOLJabar

RMOLJabar. Kepala SDN Sidamulya Kota Cirebon Tuti Rohyati Udin mengunjungi Kantor RMOL Jabar Biro Ciayumajakuning di Jl. Raya Desa Pamengkang nomor 15 Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Sabtu (13/4).

Kedatangan Kepala SDN Sidamulya ini didampingi Guru Mapel PAI Sunardi dan disambut langsung oleh Kabiro Ciayumajakuning, Ahyaruddin. Turut menyertai Kabiro, Sekretaris Biro Gusti Affandi.

Dalam kunjungannya, Tuti menyampaikan rencananya untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2019.

Tuti mengatakan, dirinya optimis dapat mengikuti dengan sukses tahapan demi tahapan perlombaan yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah di bawah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).

"Untuk tingkat Kota Cirebon akan dilaksanakan pada 30 April 2019 mendatang. Dan alhamdulillah, di tingkat Kecamatan sudah terpilih menjadi juara pertama," ungkap Tuti.

Tuti menyebutkan, beberapa prestasi yang telah berhasil ditorehkan SDN Sidamulya sepanjang masa kepemimpinannya dari 2014. Pertama, SDN Sidamulya unggul di bidang Kesehatan Lingkungan (Sekolah Ramah).

Seluruh anak didik, lanjut Tuti, diajarkan dan dilakukan pembiasaan diri untuk menciptakan pola hidup sehat dengan cara menjaga lingkungan (Pola Hidup Bersih dan Sehat/PHBS). Adapula program unggulan lainnya dengan sebutan 'GETOL'.

Menurut Tuti, pembiasaan diri anak didik di dalam menjaga kondisi lingkungan harus dimulai dari lingkungan sekolah.

"Jadi harapan kami, bukan prilaku dari lingkungan rumah atau masyarakat yang diterapkan di sekolah, melainkan pola di lingkungan sekolah yang kemudian diterapkan di lingkungan rumah mereka," jelas Tuti.

Tak hanya itu, Tuti memaparkan bahwa prestasi SDN Sidamulya cukup spektakuler di bidang olahraga.

"2 tahun berturut-turut, SDN Sidamulya didapuk menjadi Juara Umum lomba POP Kota Cirebon," sebut Tuti.

Tuti menambahkan, SDN Sidamulya juga memiliki sistem pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang sistem pembelajaran ini belum bahkan tidak dimiliki oleh sekolah-sekolah lainnya di Kota Cirebon. Namun, SDN Sidamulya berhasil mengelola pembelajaran bagi anak-anak berkelainan (autis).

"Kami menerapkan sistem pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus, disebut dengan program inklusif," tuturnya.

Melalui kunjungannya ke Kantor Berita RMOL Jabar Biro Ciayumajakuning, Tuti menyampaikan sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan SDN Sidamulya. Dia mengaku siap mengikuti kompetisi Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Kota Cirebon Tahun 2019.

"Yang penting bagi saya ada keinginan dan optimis. Selama ini, di tingkat Provinsi Jawa Barat keberhasilan Kota Cirebon hanya baru pada peringkat ke-3. Mudah-mudahan saya bisa mewakili tingkat Kota dan sukses di tingkat Provinsi," pungkas Tuti. [Najmudien Muhammad Habibie/gan]

Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00