KOTA BANDUNG

Bawaslu Indentifikasi Dugaan Money Politic Di Masa Tenang

Politik  SENIN, 15 APRIL 2019 , 17:15:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Bawaslu Indentifikasi Dugaan Money Politic Di Masa Tenang

Ketua Bawaslu Kota Bandung Zacky Muhammad/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung menemukan dugaan praktik politik uang atau money politics di masa tenang Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Bawaslu Kota Bandung Zacky Muhammad saat ditemui di kantornya, Jalan Leo, Kota Bandung, Senin, (15/4).

"Untuk temuan baru saja kita terima informasi dari panwascam bahwa ada aktifitas dugaan money politics yang terjadi, di salah satu kecamatan berkaitan dengan peserta pemilu parpol atau caleg," ucapnya.

Namun, Zacky enggan mengungkapkan terlebih dahulu nama caleg dan parpol yang diduga melakukan money politics. Hal tersebut dikarenakan mengacu pada Peraturan Bawaslu nomor 7.

"Tapi kita belum bisa publish karena di Perbawaslu 7 itu kan kalau peristiwa yang belum bisa dipastikan itu belum dapat diberitahukan, yang pasti kita identifikasi dulu," ujarnya.

Saat disinggung bentuk money politic, Zacky menyebutkan bentuk daripada dugaan money politic yang sedang diidentifikasi bukan berupa uang, tapi pada bentuk lain.

"Pembagian materi lainnya artinya bukan uang," tuturnya.

Selanjutnya, Zacky pun menegaskan jika temuan tersebut sudah diindentifikasi dan terbukti merupakan kegiatan money politics, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Sentra Gakkumdu untuk melakukan penyidikan lebih lanjut.

"Kalau dari syarat formil dan materil terpenuhi ada terlapor, barang bukti, ada kronologi, kita akan bawa ke Sentra Gakkumdu," pungkasnya. [yud]


Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00