KOTA BANDUNG

Awasi Kecurangan Pemilu, 7.107 PTPS Profesional Diturunkan

Politik  SENIN, 15 APRIL 2019 , 18:08:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Awasi Kecurangan Pemilu, 7.107 PTPS Profesional Diturunkan

Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zaky Muhammad Zamzam/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung mengerahkan 7.107 petugas untuk melakukan pengawasan selama masa Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zaky Muhammad Zamzam mengungkapkan, petugas tersebut nantinya bertugas mencegah adanya politik uang, aktifitas kampanye, hingga pemungutan dan penghitungan suara di hari H.

"Bawaslu Kota Bandung sampai tingkat TPS mengerahkan 7.107 petugas yang dikerahkan semua ke seluruh TPS hingga hari H pencoblosan dan masa tenang kampanye," ucapnya, Kantor Bawaslu, Jalan Leo, Kota Bandung, Senin, (15/4).

Ia pun memastikan, PTPS yang diturunkan merupakan orang-orang yang terlatih dan profesional. Pasalnya, ribuan PTPS tersebut telah diberikan Bimbingan Teknis dari Bawaslu Kota Bandung.

"Pengawas TPS kita melakukan bimtek selama 2 kali mereka itu sudah terorganisir, pelaksanaan atau bahkan di hari tenang ini mereka tetap komunikasi koordinasi dengan pengawas di atasnya," tuturnya.

Ribuan PTPS tersebut nantinya, diwajibkan melaporkan sebuah tindakan kecurangan dalam pemilu melalui aplikasi Bawaslu yaitu Siwaslu.

"ada kewajiban mereka untuk melakukan pelaporan secara aplikasi untuk setiap peristiwa yang terjadi di TPS atau bahkan sebelum di masa tenang mereka harus melaporkan tapi memang laporan itu langsung ke server Bawaslu RI," ujarnya.

Selain melaporkan melalui aplikasi, PTPS juga diminta untuk membuat laporan secara manual untuk Bawaslu di tingkat kecamatan hingga Kota.

"Supaya laporan itu sampai ke kita data manual laporan itu atau informasi laporan ke kelurahan laporan ke pengawas kecamatan dari kecamatan ke kita (Bawaslu Kota Bandung)," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00