Ribuan Warga KBB Jadi Pahlawan Devisa

Ragam  SENIN, 15 APRIL 2019 , 19:58:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Ribuan Warga KBB Jadi Pahlawan Devisa

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB), mencatat lebih dari seribu orang warganya pernah dan sedang menjadi pehlawan devisa dengan bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sejumlah negara Timur Tengah.

Minat yang tinggi warga KBB didasari berbagai alasan selain tentunya faktor ekonomi dengan gaji berlipat. Menjadi TKI juga dijadikan kesempatan untuk bisa merasakan tinggal di luar negeri.

"Paling banyak di Arab Saudi. Umumnya mereka berasalan kerja di sana minimalnya bisa umrah atau malah bisa menunaikan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji," kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin, Senin (15/4).

Selain Timur Tengah, negara yang menjadi favorit bagi warga KBB antara lain, Malaysia, Brunei Darussalam. Taiwan, Hongkong serta Singapura.

Iing mengungkapkan, data yang ada tersebut diketahui dari surat rekomendasi yang dikeluarkan dinas untuk pembuatan paspor keberangkatan.

"Rata-rata tiga rekomendasi kami keluarkan setiap harinya. Sebelum diterbitkan (rekomendasi),  kami lakukan  verifikasi.  Baru setelah itu,  para calon tenaga kerja dapat mengajukan lamaran secara online," paparnya. [yud]

Komentar Pembaca