Prabowo Deklarasi Kemenangan, Begini Kata Peneliti

Politik  RABU, 17 APRIL 2019 , 22:09:00 WIB | LAPORAN: DINNI KAMILANI

Prabowo Deklarasi Kemenangan, Begini Kata Peneliti

Prabowo Subianto/Net

RMOLJabar. Peneliti politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah Putra, menyayangkan sikap dari Prabowo Subianto, yang lebih dahulu mendeklarasikan kemenangannya.

"Deklarasi kemenangan Prabowo disayangkan mengingat data acuannya adalah hasil Quick Count internal, hal ini memiliki potensi konflik di masyarakat pendukung," demikian dikatakan Dedi kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (17/4).

Diketahui sebelumnya, Rabu (17/4) malam dihadapan massa pendukungnya calon presiden Prabowo Subianto mengklaim jika dirinya unggul dalam hasil real count sebesar 62%.

Menurut Dedi, Sebaiknya kedua kubu menahan diri dan menghormati KPU sebagai penyelenggara. Justru lebih utama jika kedua kubu konsentrasi penuh pada pengawalan C1 yang berisi data tabulasi suara di TPS.

Selain itu, Dedi menilai jika quick count tidak dapat dijadikan rujukan utama, ia hanya gambaran umum dari keseluruhan hitungan manual yang akan dilakukan KPU. Masyarakat perlu bersabar dan tidak menjadikan quick count sebagai acuan.

"Bagaimanapun KPU sebagai penyelenggara harus diberi ruang untuk leluasa dalam bekerja tanpa adanya intervensi dan tekanan-tekanan dari quick count atau apapun yang berpotensi mendelegitimasi keberadaan KPU," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca