Bawaslu Minta KPU Lakukan Penghitungan Suara Ulang

Politik  KAMIS, 18 APRIL 2019 , 16:28:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIQ SUPRIADI

Bawaslu Minta KPU Lakukan Penghitungan Suara Ulang

Ending Muhidin /RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi meminta KPU menghitung ulang perolehan suara di tingkat TPS.  Hal itu menyusul ditemukannya sejumlah masalah oleh Bawaslu Kota Sukabumi.

"Kita tegaskan KPU harus melakukan penghitungan ulang. Masa mencoblos caleg dan partai dihitung jadi dua suara," ujar Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, Ending Muhidin kepada Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (18/4).
 
Menurutnya, proses penghitungan ulang bisa dilakukan di tingkat PPK. Hal ketika pelaksanaan pleno di tingkat PPK. "Kita minta penghitungan ulangnya di tingkat PPK nanti. Terkait jumlahnya, kami masih proses pendataan," ucapnya.
 
Terkait pemungutan suara menurutnya tidak ada permasalahan berarti. Semua bisa diselesiakan di tingkat TPS. "Terkait pemungutan suara sudah tidak ada masalah," ungkapnya.
 
Terkait hal tersebut, menurutnya tidak perlu adanya pemungutan suara ulang. Pasalnya, kesalahan hanya pada penghitungan saja. "Jauh ke arah pemungutan suara ulang mah. Hanya minta penghitungan ulang. Itupun dilakukan di tingkat PPK nanti," terangnya.
 
Selain itu, dirinya meminta KPU segera mengganti kabel ties dan segel yang rusak. Walaupun jumlah kerusakannya kabel ties dan segel belum bisa dipastikan. "Hasil temuan kita ada yang rusak. Kita rekomendasikan untuk diganti," paparnya.
 
Tak hanya itu, Ending juga meminta proses pendistribusian logistik dari TPS agar lebih jelas. Sebab,sejauh ini masih ada yang logistik tersebut ke tingkat PPK. Bahkan ada pula yang bergeser ke PPS dulu. "Ini kok tidak sama. Makanya kita minta pergeserannya lebih jelas. Jangan sampai tidak sama gini," pungkasnya. (din)



Komentar Pembaca