KPU Jamin Form C1 Terkawal Dengan Baik

Politik  KAMIS, 18 APRIL 2019 , 21:00:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

KPU Jamin Form C1 Terkawal Dengan Baik

Supriatna /RMOLJabar

RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menjamin keamanan Formulir C1 (hasil perolehan suara) di ajang Pemilu 2019 bakal terkawal dengan baik.

Komisioner KPU Kabupaten Bandung, Supriatna mengatakan, pihaknya bersama jajaran di kewilayahan telah menerapkan SOP untuk memastikan C1 itu terawasi.

"Di masing masing TPS juga kan sudah terproteksi disamping ada petugas KPPS ada juga Pengawas TPS yang melekat," ungkap Supriatna di Soreang, Kamis (18/4).

Tak hanya pada hari H pemungutan suara, Rabu (17/4) kemarin, lanjut Supriatna, pihak penyelenggara di wilayah bahkan sudah melakukan pengamanan sangat ketat.

"Kemudian saat Pemilu berjalan hingga proses hitung di TPS kan ada saksi. Dan kami berkeyakinan, C1 ini di pantau semua pihak bukan hanya KPU saja," tuturnya.

Mengingat semua tahapan hingga dokumen hasil dari pelaksaan pesta demokrasi turut diawasi berbagai pihak, Supriatna menilai tentu potensi kecurangan akan kecil terjadi.

"Dokumen dokumen (hasil hitung di tingkat TPS) juga tidak hanya kami yang pegang disebar juga ke PTPS ke saksi (dari tiap peserta Pemilu 2019)," ungkap Supriatna.

Terkait muncul gerakan mengawal C1 serta kotak suara yang juga menggema di lini masa media sosial, dirinya mempersilahkan hal itu termasuk di Kabupaten Bandung.

"Tapi menurut kami (antisipasi) sudah dilakukan kan banyak proteksi proteksi. Prosedur (pengawalan C1 dan kotak suara) pasti kami jalankan ini tanggung jawab yang kami (penyelenggara) emban," tandasnya. (din)



Komentar Pembaca