Pimpinan SKPD Harus Kuasai Program Sejak Tahap RPJMD

Pemerintahan  KAMIS, 18 APRIL 2019 , 21:34:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Pimpinan SKPD Harus Kuasai Program Sejak Tahap RPJMD

Teddy Kusdiana /RMOLJabar

RMOLJabar. Para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Bandung harus menguasai program sejak RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang telah disiapkan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Teddy Kusdiana dalam keterangan tertulisnya yang diterima oleh Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (18/4).

Teddy juga meminta semua kepala SKPD melakukan kajian dan evaluasi, bukan hanya pada dokumen perencanaan, tapi lebih pada segi implementasi pada kinerja di lapangan.

"Perangkat daerah perlu melakukan review RPJMD agar hasilnya terukur secara relevan berdampak bagi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Menurut Teddy, konsistensi program dan pelaksanaan harus relevan, bukan hanya sekedar dokumen yang direncanakan tapi anggaran juga haruslah tepat sasaran.

"Untuk di internal perangkat daerah, kepala PD harus melakukan Perjanjian Kinerja (PK) dengan para bawahannya," terang Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) itu.

Teddy juga akan meningkatkan kinerja semua aparatur guna meraih predikat SAKIP A dari Kemenpan RB, dengan menjalankan akuntabilitas keuangan supaya lebih akurat.

"Predikat BB (untuk SAKIP tahun 2018) menunjukan tingkat efektivitas dan efisinesi anggaran, dan capaian kinerja sudah ada namun masih perlu perbaikan," tuturnya.

Teddy ingin evaluasi SAKIP yang  hasilnya akan keluar akhir tahun ini, para pimpinan SKPD bisa lebih meningkatkan kinerja satu sama lain, saling mengintervensi program.

"Ini perlu dilakukan khususnya untuk peningkatan kinerja PD untuk pelayanan pada masyarakat, apalagi kita sudah banyak melakukan inovasi dalam pelayanan public, semoga terus berkembang," pungkasnya. (din)



Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00