KOTA CIREBON

Puluhan Ormas Islam Serukan Pemilu Damai

Politik  SABTU, 20 APRIL 2019 , 02:09:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Puluhan Ormas Islam Serukan Pemilu Damai

Mohamad Joharudin/RMOLJabar

RMOLJabar. Puluhan Organisasi Masyarakat Islam se-Cirebon Raya membuat komitmen bersama menjaga suasana kedamaian pasca pesta demokrasi 2019. Pertemuan dipusatkan di Ruang Meeting At-Taqwa Center Kota Cirebon, Jum'at (19/4).

Pertemuan tersebut dihadiri perwakilan dari puluhan Ormas Islam yang tergabung dalam Forum Ormas Islam. Forum Ormas Islam diketuai oleh H. Said Baumar dengan Sekretaris H. Ali Wahyuno. Sementara, Bawaslu dihadiri langsung Ketua, Mohamad Joharudin dan KPU oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Hasbi Falahi.

Ketua Forum Ormas Islam, Said Baumar dalam sambutannya mengajak penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) serta semua elemen masyarakat dan ummat untuk mengikuti pesta demokrasi dengan pemilu damai, jujur, adil, menyenangkan dan bermartabat.

Sementara itu, Sekretaris Forum Ali Wahyuno menyebutkan, setelah pemaparan KPU dan Bawaslu, di akhir sesi disepakati 6 komitmen bersama. Keenam kesepakatan tersebut, kata dia, berbentuk seruan menjaga Pemilu Damai Cirebon.

"Pertama, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan pesta demokrasi pemilu damai, pemilu tahun 2019 yang elegan dan bermartabat," kata Ali  

Kedua, bersama aparat dan seluruh komponen bangsa bersama-sama mewujudkan Pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Ketiga, bersama aparat dan seluruh komponen bangsa bersatu padu untuk terciptanya pelaksanaan pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang," paparnya.

Keempat dan Kelima, lanjut Ali, yakni bersama aparat dan penyelenggara pemilu KPUD, Bawaslu berkomitmen menciptakan pelaksanaan pemilu 17 April 2019 berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta melakukan pendidikan politik untuk rakyat agar cerdas dan bertanggungjawab memilih sesuai hati nurani, untuk kemajuan, kemakmuran dan kedaulatan NKRI.

"Keenam (terakhir), mengajak seluruh komponen bangsa ummat dan rakyat untuk melakukan do'a bersama demi terselenggaranya pemilu damai, jujur adil dan bermartabat," pungkasnya. [gan]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00