TPS Di Pangandaran Terancam PSU

Politik  SABTU, 20 APRIL 2019 , 04:57:00 WIB | LAPORAN: SYAMSUL ARIFIN

TPS Di Pangandaran Terancam PSU

Gaga Abdillah Sihab/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran temukan kejanggalan di salahsatu Tempat Pemungutan Suara di Kecamatan Pangandaran. Kejanggalan ini terindikasi bisa menimbulkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kordinator Divisi Pengawasa dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah Sihab, kronologi awalnya bermula dari kedatangan 12 orang warga dari PT Asi Susi Pudjiastuti.

"Iya warga tersebut datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mendaftar menjadi pemilih dengan hanya membawa KTP luar daerah," ungkap Gaga Kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (20/4).

Dengan beralasan tidak bisa pulang ke daerah asalnya, kata Gaga, sejumlah warga tersebut memaksa supaya bisa memilih di Pangandaran.

"Atas dasar tersebut, kami menunggu hasil pengawasan di lapangan secara prosedural dari tingkat PTPS," imbuh gaga.

Indikator PSU terdapat dalam UU no 7 tahun 2017 pasal 372 ayat 2. Di sana ada 4 indikator yang bisa dijadikan dasar PSU.

Di dalam pasal tersebut diantaranya tertulis apabila terbukti hasil penelitian dan pemeriksaan PTPS ada pembukaan kotak suara atau berkas Pungut hitung suara tidak sesuai ketentuan.

"Kedua, petugas KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus pada surat suara yang sudah digunakan kepada pemilih," ungkap Gaga.

Yang menjadi indikator ketiga, petugas KPPS merusak lebih dari satu surat suara yang sudah disahkan. Misalkan, petugas menyobek surat suara setelah menyebutkan sah melebihi dari satu surat suara.

"Dalam indikator terakhir, terdapat poin pemilih yang tidak memiliki KTP-el dan tidak terdaftar di DPT ataupun DPTb. Nah Di Kabupaten pangandaran indikasinya masuk ke sini," tandas Gaga. [gan]

Komentar Pembaca
Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
Pencuri di Semarang Hanya Butuh 10 Detik Gasak Motor
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad
Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA