KABUPATEN PURWAKARTA

Perolehan Suara Di TPS Mulai Direkap

Politik  SABTU, 20 APRIL 2019 , 14:06:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Perolehan Suara Di TPS Mulai Direkap

Rekap Hitung Suara Di Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Perolehan suara Pemilu 2019 pada ribuan Tempat Pemilihan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Purwakarta mulai direkap di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sabtu (20/4).

"Mulai kita gelar serentak hari ini, di 17 PPK. Ada 2.635 TPS yang tersebar di 183 desa dan 9 kelurahan," kata Komisioner KPU Purwakarta, Ramlan Maulana melalui sambungan selulernya.

Pantauan RMOLJabar, Sabtu (20/4/) sidang pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilpres dan Pileg 2019 di tingkat PPK Kecamatan Purwakara Kota, digelar di GOR Purnawarman, Sindangkasih, Purwakarta. Nampak hadir unsur Muspika, Panwascam, pemantau pemilu, saksi-saksi parpol dan capres serta unsur TNI dan Polri di wilayah tersebut.

"Kita mulai hari ini. Rekap perolehan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Purwakarta terdapat 500 TPS yang tersebar di 9 kelurahan dan 1 desa," ujar Ketua PPK Purwakarta, Akbar Pandu.

Menurutnya, dengan teknis penghitungan yang dibagi kedalam 4 panel, penghitungan di tingkat Kecamatan Kota bisa tuntas selama sepekan.

"Ditargetkan selesai dalam 7 hari sesuai estimasi dari KPU Kabupaten," tuturnya.

Lebih jauh, Akbar menjelaskan rincian teknis penghitungan yang dibagi menjadi 4 panel tersebut.

Panel 1 dipimpin Anggota PPK, Hari Agus yang merekap sebanyak 130 TPS yang terdiri dari Kelurahan Ciseureuh 100 TPS dan Desa Citalang 30 TPS. Panel 2 dipimpin Anggota PPK, Redi N mengihitung sebanyak 115 TPS yang terdiri dari; Kelurahan Nagri Kidul 41 TPS, Nagri Tengah 34 TPS dan Tega Munjul 40 TPS.

Untuk Panel 3, lanjut Akbar, dipimpin oleh Anggota PPK, Topan DM yang merekap sebanyak 133 TPS yang terdiri dari Kelurahan Nagri Kaler 66 TPS, Cipaisan 35 TPS dan Purwamekar 32 TPS.

"Dan Panel 4 dipimpin Anggota PPK, Abdul Jalil yang merekap sebanyak 122 TPS yang terdiri dari Kelurahan Munjul Jaya 52 TPS dan Sindangkasih sebanyak 70 TPS," kata Akbar Pandu.

Masyarakat Diminta Bersabar

Di tempat yang sama, Camat Purwakarta, Juddy Herdiana, mengatakan rekapitulasi perolehan suara di wilayah yang dipimpinnya akan memakan waktu cukup lama, masyarakat yang menunggu informasi tersebut dimohon untuk bersabar.

"Pengamatan saya, rekap dalam satu TPS diperkirakan memakan waktu kurang lebih satu jam. Dengan TPS sebanyak itu, kemungkinan rapat pleno terbuka rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan akan memakan waktu beberapa hari kedepan," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar bersabar dalam menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK. Pasalnya, KPU tidak berpaku pada quick count dan informasi yang beredar diluar.

"Kita informasikan kepada masyarakat bahwa quick count itu bukanlah hasil akhir, yang paling penting itu adalah real count atau hitung manual, Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat dapat membantu stabilitas Kamtibmas dalam seluruh tahapan Pemilu 2019 hingga tuntas," demikian Camat Kota. [aga]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00