Beredar Hasil Rekap Suara Pilpres, Ini Respon KPU Kabupaten Bandung

Politik  SABTU, 20 APRIL 2019 , 16:07:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Beredar Hasil Rekap Suara Pilpres, Ini Respon KPU Kabupaten Bandung

Ilustrasi/net

RMOLJabar. KPU Kabupaten Bandung menilai beredarnya hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 di berbagai media sosial khususnya yang telah digelar didaerahnya saat ini merupakan sebuah kewajaran.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya menyebut bukan hanya pihak penyelenggara diwilayah yang memiliki data perolehan suara Pilpres atau C1 plano tetapi Pengawas TPS lalu saksi parpol pun ikut menerima.

"Tentu saja (beredarnya hasil rekap) itu dimaklumi ya. Dan bisa kami pahami karena banyak pihak yang memegang C1 selain penyelenggara (KPPS), PTPS dan disana (TPS) ada saksi," ungkapnya, Sabtu (20/4).

Agus pun tak ingin berkomentar lebih jauh soal sumber dari hasil rekap suara pilpres yang kini mulai diperbincangkan apalagi proses entry data masih berlangsung di KPU Kabupaten Bandung melalui rekap PPK.

"Saksi kan berhak memegang C1 Plano. Soal menyebarkan mungkin mereka memiliki data terserah mereka untuk konsumsi siapa. Partai politik yang diwakili saksi mendapat C1 sehingga tahu," terang Agus.

Meski begitu, Agus menyatakan bahwa hasil resmi Pemilu termasuk Pilpres itu sesuai rekapitulasi berjenjang. Mulai dari tingkat PPK (kecamatan), ke tingkat kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional (pusat).

"Diperkirakan (hasil rekap akhir) 22 Mei nanti. Hasil rekap kemarin di Kabupaten Bandung untuk Pilpres baru 61 TPS dari 10.338 TPS. Sekitar 33% suara untuk 01, sekitar 66% untuk 02. Kalau untuk Pileg kami belum punya data yang fix," tandasnya.[son]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00