KABUPATEN MAJALENGKA

Penelitian IMM: Pancasila Belum Final

Politik  MINGGU, 21 APRIL 2019 , 08:02:00 WIB | LAPORAN: DEFRI ARDYANSYAH

Penelitian IMM: Pancasila Belum Final

Herdiana/RMOLJabar

RMOLJabar. Pendidikan kebangsaan begitu penting. Pasalnya, penelitian internal Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Majalengka menyatakan hampir separuh responden menyebut Pancasila belum final.

Begitu dikatakan Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) IMM Kabupaten Majalengka, Herdiana saat Pelantikan dan Dialog Kebangsaan bertajuk "Darul Ahdi Wa Syahadah", Sabtu (20/4).

Dalam penelitiannya tentang posisi Pancasila sebagai ideologi negara. Responden yang diambilnya yakni 10 orang, terdiri dari 5 orang pelajar dan 5 orang mahasiswa. Hasilnya 5 orang responden menyatakan sudah final dan 5 orang lagi menyatakan belum.

"Melihat hasil penilitian kita, adanya perhatian yang kurang dari Pemerintah Kabupaten, terutama Badan Kesbangpol Kabupaten Majalengka yang memiliki tupoksi dalam memberikan pemahaman akan wawasan kebangsaan ini," kata Herdiana.

Dia menilai, wawasan kebangsaan yang masih kurang bisa jadi akan memunculkan benih-benih perpecahan di kalangan masyarakat.

"Saya harap ini semua menjadi rekomendasi kami kepada Pemerintah terkhusus Badan Kesbangpol untuk bisa segera menjalankan program pendidikan Wawasan kebangsaan," tandasnya. [gan]

Komentar Pembaca