Warnai INACRAF 2019, Pemkab Purwakarta Kirim Lima Pengrajin

Ekbis  SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:45:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Warnai INACRAF 2019, Pemkab Purwakarta Kirim Lima Pengrajin

Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Di bawah koordinasi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindutrian, Pemkab Purwakarta mengirimkan delegasi yang terdiri dari lima pengrajin berikut prodak kerajinan ke ajang pameran bertaraf internasional, The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2019) yang akan digelar pada 24-28 April 2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center.

"Kita akan mengirimkan lima pengrajin berikut hasil kerajinannya INACRAF 2019 di Jakarta, yaitu Pengrajin keramik gerabah, pengrajin keramik glasir dari Kecamatan Plered, pengrajin olahan bambu, pengrajin menong dan pengrajin wayang golek hias dari Kecamatan Sukatani," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Entis Sutisna kepada awak media, Senin (22/) di Kantornya di Jalan Ahmad Yani, Cipaisan.

Menurutnya, Pemkab Purwakarta akan terus memfasilitasi dan mengkoordinasikan para pengrajin dan pengusaha IKM agar dapat mengikuti event-event baik pameran atau promosi pada berbagai tingkatan.

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk pemberdayaan para pengrajin dan pengusaha industri kecil menengah. Pada sejumlah even sejenis yang sebelumnya pernah digelar, kita juga selalu mengirimkan perwakilan. Tujuannya untuk lebih mengenalkan lagi kerajinan yang ada di Purwakarta, agar diketahui oleh dunia," tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Entis, dalam konteks peningkatan sumber daya manusia dikalangan pengrajin. Pihaknya juga kerap melakukan berbagai pelatihan untuk peningkatan kemampuan dan variasi dari sejumlah kerajinan.

"Pelatihan-pelatihan untuk peningkatan SDM, terus kita upayakan agar para pengrajin lebih memiliki kemampuan yang cukup baik dari sisi teknis pembuatan kerajinan maupun teknis pemasaran," ucapnya.

Di tempat yang sama, pengrajin wayang golek hias dari Kecamatan Sukatani, Abah Djani didampingi pengrajin keramik gerabah dari Plered, Haji Eman. Mengapresiasi langkah-langah yang dilakukan oleh Pemkab Purwakarta dalam hal pemeberdayaan para pengrajin di wilayah tersebut.

"Alhamdulillah, kami apresiasi upaya pemkab untuk memfasilitasi para pengrajin di Purwakarta agar lebih dikenal lagi, baik secara lokal, nasional maupun internasional. Sejumlah event telah kita ikuti atas dorongan dan dukungan Pemkab Purwakarta melalui dinas ini," kata Abah Djani diamini Haji Eman.

Selayang Pandang INACRAFT


Selama dua dekade, INACRAFT telah menunjukkan keseriusan yang berarti dalam menggelorakan jiwa kewirausahaan para perajin, produsen, dan pelaku UMKM Indonesia melalui pesona karya kerajinan Nusantara. Pencapaian ini tidak terlepas dari kepercayaan penikmat handicraft yang senantiasa berpartisipasi aktif mendukung terselenggaranya pameran ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, INACRAFT berupaya melakukan pembenahan dan pengembangan dalam rangka meningkatkan mutu pameran, tidak hanya segi konsep dan penampilan saja namun juga strategi promosi, program acara, suasana dan produk-produk Indonesia yang akan ditampilkan.

INACRAFT berfokus pada orientasi untuk terus mempromosikan produk-produk lokal unggulan yang variatif, inovatif, fungsional tanpa meninggalkan sisi edukatif dan tetap memperhatikan tren yang berkembang di masyarakat serta memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global. [yud]

Komentar Pembaca