Baru 70 Persen SMP Di Kabupaten Bandung Gelar UNBK

Pendidikan  SELASA, 23 APRIL 2019 , 13:41:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Baru 70 Persen SMP Di Kabupaten Bandung Gelar UNBK

Dadang M Naser/RMOLJabar

RMOLJabar. Bupati Bandung Dadang M Naser menyebut baru 70 persen Sekolah Tingkat Menengah Pertama (SMP) yang bisa menggelar UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di wilayahnya tahun ini.

Menurutnya, ketersediaan komputer menjadi faktor belum seluruhnya sekolah SMP di Kabupaten Bandung menggelar ujian berbasis komputerisasi.

Untuk itu, lanjut Bupati, Pemkab Bandung melalui Dinas Pendidikan setempat akan terus melengkapi sarana prasarana itu agar 100 persen SLTP melaksanakan UNBK.

"Itu (pengadaan komputer) terus bertahap tidak sekaligus seperti di Pangalengan sudah. Tahun ini juga ada belanja (untuk pengadaan)," ujar Dadang usai meninjau UNBK SMPN 1 Soreang, Selasa (23/4).

Meski ada sekolah yang memakai fasilitas SMA untuk UNBK seperti SMPN 1 Soreang, Dadang tetap berharap pelaksaaannya berjalan seperti hasil tinjauannya hari ini.

"Yang pertama listriknya tersedia dengan baik disini (di SMAN Soreang). Meski komputernya belum utuh lengkap tapi saling menunjang dari dinas pendidikan (sudah) membawa komputer kesini," katanya.

Lelaki yang akrab disapa Kang DN itu juga menargetkan tingkat kelulusan siswa SMP di Kabupaten Bandung pada tahun ajaran kali ini dapat mencapai angka 100 persen.

"Yang penting kualitasnya agar lulusan SMP bisa melanjutkan ke SMA. Supaya terus tingkat lamanya sekolah (generasi muda) di Kabupaten Bandung meningkat," tandasnya.

Sebagai bahan informasi, sebanyak 322 SMP Negeri dan swasta di Kabupaten Bandung melaksanakan ujian akhir. Dari data itu 119 sekolah menggelar ujian nasional kertas dan pensil dan 203 SMP UNBK. [aga]

Komentar Pembaca