KABUPATEN BANDUNG

Bupati Ingin Sistem Zonasi PPDB Dievaluasi

Pendidikan  SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:31:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Bupati Ingin Sistem Zonasi PPDB Dievaluasi

Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Naser/RMOLJabar

RMOLJabar. Bupati Bandung Dadang M Naser, ingin agar penerapan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 diwilayahnya dapat segera di evaluasi.

Dadang juga berharap, aturan zonasi yang terbit sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tidak harus menjadi acuan utama didaerah.

"Sistem zonasi (PPDB) mohon di evaluasi ulang. Ada improvisasi dan inovasi tidak harus utuh mengikuti aturan dari pusat," ujarnya kepada wartawan, Selasa (23/4).

Menurut lelaki yang akrab disapa Kang DN itu, pemerintah pusat tidak memahami soal kondisi dikewilayahan. Untuk itu Dadang akan menyiapkan peraturan khusus zonasi.

"Karena pusat ga paham soal zonasi disini. Kita ikut aturan disini aja. Bikin diskresi Bupati. Kita bikin aturannya yang nyaman. Yang enak bagi semua pihak," ungkapnya.

Sebagai bahan informasi, pemerintah pusat menerbitkan Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru 2019 salah satunya zonasi sekolah.

Dalam aturan itu, kewajiban sekolah untuk memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili sesuai zonasi, sama dengan sekolah asal. [yud]

Komentar Pembaca