Kotak Suara Pilpres Di Karawang Kosong, Apakah Itu Hanya Human Eror?

Politik  SELASA, 23 APRIL 2019 , 17:23:00 WIB | LAPORAN: NURJAYA BACHTIAR

Kotak Suara Pilpres Di Karawang Kosong, Apakah Itu Hanya Human Eror?

Kotak Suara Pilpres Kosong di Karawang/RMOLJabar

RMOLJabar. Rekaman video yang memperlihatkan kotak suara Pilpres di TPS 24, Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, kosong tidak ada dokumen hasil pemungutan suara. Video berdurasi 22 detik itu menjadi viral di media sosial.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karawang Barat Nana Sumarna menjelaskan, kotak suara kosong itu ditemukan saat anggota PPK akan melakukan penghitungan suara. Namun dalam kotak suara pilpres itu tidak ditemukan satupun dokumen surat suara, dan kunci kotak suaranya pun sudah terbuka.

"Penemuan kotak suara kosong saat akan dilakukan rapat pleno penghitungan suara, ditingkat PPK," ungkap Nana di Kantor PPK Kecamatan Karawang Barat, Selasa (23/4).

Lebih lanjut kata Nana, kotak suara dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) TPS 24, yang dikirim ke PPK semuanya ada lima kotak suara, namun saat kotak suara pilpres yang akan dibuka tidak ditemukan dokumen di dalamnya. Hal tersebut kata Nana, diduga karena petugas kelelahan hingga human error.

"Saya kira itu hanya human eror," katanya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya telah melaporkan ke KPU dan Bawaslu Kabupaten Karawang. Nana pun tidak merinci apa yang menjadi penyebab dari kejadian kotak suara kosong tersebut. Pihaknya sudah menyerahkan semua kepada KPU Kabupaten Karawang.

"Untuk lebih rincinya, silahkan tanya ke Komisioner KPU karena kasusnya sudah dilaporkan," tegasnya.

Sampai berita ini diturunkan, dari pantauan wartawan Kantor Berita RMOLJabar di lapangan, pihak KPU Kabupaten dan Bawaslu serta unsur keamanan dari TNI /Polri masih melakukan rapat koordinasi di Kantor KPU Kabupaten Karawang. [yud]


Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00